Belitung Punya Klinik UKM

0
4

BELITUNG – Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Belitung telah memegang surat keputusan (SK) pembangunan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

Pembangunan gedung seluas 2.500 meter persegi tersebut akan segera direalisasikan pada 2016 mendatang.

“Kemarin kami sudah koordinasikan pelaksanaan pembangunannya. Ya istilahnya PLUT ini dibangun menyerupai sebuah klinik UKM, agar UKM-UKM yang ada di Belitung bisa berkonsultasi langsung dengan produk mereka,” ucap Kabid Koperasi dan UKM Diskoperindag Belitung Mula Samosir kepada Pos Belitung (Bangkapos.com Network), Sabtu (26/12/2015).

Menurut Mula, pembangunan PLUT ini merupakan perintah Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

PLUT hanya ada di delapan kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Fungsinya, sebagai bentuk peningkatan UKM maupun menumbuhkan daya saing masyarakat, serta kualitas produk UKM, sehingga mutu produk tersebut menjadi terpadu dan memiliki pangsa pasar secara global.

Mula menjelaskan, pemerintah pusat telah menggelontoran anggaran bagi PLUT di Belitung melalui APBN sebesar Rp 2,8 miliar.

Lokasinya di Jalan Pemuda, Desa Air Raya, dan eks Pasar Inpres, Jalan Lettu Mad Daud, Kelurahan Parit, Tanjungpandan.

“Kita ada tanah di sana, tapi kami harus koordinasikan dulu nanti ke Pak Bupati. Soalnya PLUT ini juga dalam rangka menajemen UKM, termasuk manajerial, teknologi dan pembiayaan lainnya,” katanya.

Mula mengatakan, desain bangunan juga telah ditetapkan pihak pusat, sehingga di daerah hanya mengikuti arahan.
“Soalnya bentuk PLUT ini harus sama seluruh Indonesia. Itulah yang kemarin kami upayakan kepada pihak kementerian,” ujarnya.

Sumber: Tribunnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here