Kemasan Yang Baik Tingkatkan Daya Saing

0
16
Ilustrasi Kemasan

BANGKA – Disperindagkop dan UMKM Kota Pangkalpinang melatih ukm dan mahasiswa membuat kemasan secara manual melalui kegiatan Fasilitasi dan Bantuan Kemasan kepada IKM, 20-23 November 2015.

Untuk melatih peserta penyelenggara mengundang narasumber pemilik galeri kemasan Bandung, Untung Waksan.
Kegiatan dibuka oleh Kepala Disperindagkop dan UMKM, Romli Zarkasi. Ia mengungkapkan desain kemasan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi konsumen. Para pelaku ikm diharapkan bisa menggali lebih dalam lagi desain yang paling tepat untuk produknya.

“Saya optimistis, dengan packaging yang berkualitas baik dan menarik, produk di Pangkalpinang akan mampu meningkatkan daya saing di pasaran dalam maupun luar negeri. Dengan kemasan yang bagus, tidak hanya nilai jual barang bisa meningkatkan keawetan barang,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini kata Romli pihaknya mendatangkan pemateri yang benar-benar berkompeten.

Lebih lanjut dikatakannya, Dekranasda kota bersama disperindagkop umkm memberikan bantuan kemasan untuk pelaku industri kerajinan binaan, Pangkalpinang Craft, Batik Pangkalpinang dan Pangkalpinang Souvenir, yang mana di dalamnya tergabung industri-industri yang telah dikelompokkan. Bantuan yang diberikan berupa paper bag, box kemasan serta kemasan souvenir.

“Ini merupakan wujud nyata kepedulian kamu sebagai pembina serta fasilitator bagi para perajin. Semoga bisa memotivasi perajin untuk meningkatkan kreatifitasnya,” harapnya.

Sementara itu peserta begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Untung Waksan menuturkan, kemasan manual bisa dikerjakan semua orang, bahan bakunya mudah didapatkan, lebih murah dan bisa menciptakan inovasi sendiri yang tidak bisa dikerjakan oleh mesin.

“Seperti kemasan box suvenir, box sepatu, shopping bag dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Sumber: Tribunnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here