Mahasiswa Jangan Sungkan Mulai Berwirausaha

0
87

JAKARTA – Mahasiswa di Tanah Air diminta mengubah cita-cita dari hanya se bagai pegawai menjadi ‘bos” melalui mengembangkan kemampuan berwirausaha. Saat ini sudah bukan zamannya lagi bila mahasiswa hanya bercita-cita untuk menjadi pegawai.

“Mahasiswa harus bercita-cita yang lebih tinggi yakni menjadi bos melalui berwirausaha,” kata Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Koperasi dan UKM, Prakoso BS di Jakarta, Selasa (17/11).

Untuk Itu ia meminta para mahasiswa tidak sungkan memulai belajar menjadi wirausaha dengan mengembangkan potensi dan sumber daya yang dimilikinya. Hal tersebut juga disampaikan oleh Deputi Prakoso Budi Susetyo ketika menjadi Keynote Speaker pada kegiatan Coconut (Creative to Creat our New Unique Team), yang diselenggarakan oleh Koperasi Mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya di Kampus Universitas Siliwangi Tasikmalaya akhir pekan lalu.

Sejalan dengan itu, lanjut Prakoso, ia menyarankan mahasiswa agar belajar wirausaha di koperasi. Menurutnya, pengembangan koperasi di lingkungan kampus perlu dilakukan untuk mendukung tumbuhnya jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Sebab, melalui koperasi paling tidak ada empat hal yang bisa dipelajari yaitu belajar mengelola usaha, belajar mengelola keuangan, belajar untuk mengakses sumber permodalan, dan belajar pemasaran produk. Prakoso juga mengingatkan untuk menjadi wirausaha tidak perlu menunggu sampai lulus kuliah dulu tapi bisa dilakukan sambil kuliah.

“Dan jangan takut menghadapi kegagalan karena dari kegagalan kita bisa belajar untuk menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Ia mengatakan, kegiatan Coconut di Tasikmalaya diselenggarakan di dua tempat yaitu di Gedung Olahraga Mashud Wisnusaputra Unsil dan Pantai Karapyak Pangandaran. Pada kesempatan itu, Ketua Pelaksana, Ifthon Fatoni, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan jiwa koperasi dan jiwa entrepreneurship di kalangan mahasiswa.

“Ini kegiatan tahunan yang merupakan salah satu program kerja dari Kopma, diikuti oleh mahasiswa Unsil dari berbagai jurusan,” katanya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh lebih dari 700 peserta. Para peserta sangat antusias. Mereka diberi pelatihan pendidikan koperasi.

Sumber: Koran-jakarta.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here