Produk Cokelat Bisa Jadi Ikon Palu

0
186
Ilustrasi Cokelat

Palu – Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan produk makanan, khususnya cokelat yang diproduksi industri kecil menengah (IKM) bisa menjadi ikon baru Kota Palu.

“Jangan hanya bawang goreng, tetapi saya usulkan kepada pejabat Wali Kota Palu kalau bisa cokelat juga jadi ikon,” kata Menteri Saleh saat meresmikan rumah cokelat dan rumah kemasan di Palu, Selasa.

Produk cokelat hasil olahan IKM dan usaha kecil menengah (UKM) Sulteng tidak kalah dibandingkan produk yang sama dari daerah lain.

Bahkan yang diproduksi pabrik cokelat dari luar negeri yang banyak diperjual-belikan di pasaran dalam negeri.

“Cokelat yang diproduksi IKM dan UKM di Sulteng gurih dan enak serta memiliki aroma berbeda dengan cokelat lainnya,” katanya.

Apalagi, kata Menteri Saleh, bahan baku pembuatan cokelat di Palu menggunakan biji kakao asli produksi petani.

Menurut saya, cokelat Sulteng sangat enak dan pasti laris dijual di pasaran.

Karena itu, Pemkot Palu perlu mempertimbangkan kemungkinan produk cokelat produksi IKM dan UKM Sulteng bisa menjadi ikon, selain bawang goreng yang sudah banyak dikenal masyarakat.

Bahkan mungkin bawang goreng Palu sudah sampai di pasar internasional karena memiliki ciri khas tersendiri yang tidak sama dengan daerah lainnya.

Kehadiran rumah cokelat dan rumah kemasan semakin memperkuat pemasaran produk-produk IKM dan UKM pengolahan makanan dari cokelat.

“Pak wali kota, jadikan produk ini menjadi ikon Kota Palu,” ujar Menteri Saleh.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, Almahdali mengatakan telah dan akan bekerja sama dengan swalayan, toko, hotel dan mall untuk menampung dan menjual produk cokelat hasil usaha dari IKM dan UKM di Sulteng.

“Kami sudah bekerja sama dengan beberapa restoran, hotel, toko, swalayan serta mall dan mereka sangat merepson sekali,” katanya.

Untuk lebih memasarkan produk tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, kata Almahdali telah membeli satu unit sepeda motor kaisar yang akan keliling menjual berbagai jenis makanan cokelat ke tempat-tempai ramai, termasuk ke obyek wisata Pantai Talise.

“Kalau pemasarannya bagus dan terus meningkat maka sepeda motor kaisar akan ditambah lagi sesuai kebutuhan,” katanya.

Sumber: Antaranews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here