Pasar Induk Bireuen akan Diperluas

0
13
Ilustrasi Bireun

BIREUEN – Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Bireuen, Darwansyah SE mengatakan, tahun depan pihaknya akan memperluas Pasar Induk Bireuen yang berlokasi di Desa Geulanggang Gampong (Cureh), Kecamatan Kota Juang. Pasar itu dibangun bertahap sejak 2015 hingga 2017 mendatang.

“Tahap pertama sedang dibangun 75 unit kios, gudang, pasar ikan, pasar sayur, pasar lesehan, dan rumah potong unggas. Tahun 2016, Pemkab Bireuen menambah luas pasar sekitar setengah hektare ke arah selatan. Di lahan itu, sebagian dijadikan lokasi khusus pedagang ayam keranjang dan lainnya,” kata Darwansyah kepada Serambi, kemarin.

Ia menyebutkan, total dana yang diajukan ke Pusat untuk pembangunan pasar induk tersebut mencapai Rp 46 miliar. Kios yang akan dibangun totalnya 400 unit. Tahap pertama 75 unit, tahap kedua 120 unit, tahapketiga 205 unit. “Pasar Induk Bireuen dilengkapi papan monitoring harga dan langsung terkoneksi ke Kementerian Perdagangan,” katanya.

Selain itu, untuk mendukung kelancaran akses jalan masuk dan keluar pasar, Pemkab Bireuen juga membebaskan lahan dari pinggir jalan nasional hingga ke Cot Meurak seluas lima meter. Nanti akan dibangun jalan dua jalur, di median jalan tersedia taman. Di samping itu, jalan atau lorong-lorong yang ada di kawasan Desa Pulo Ara akan direhab untuk menjadi jalan keluar masuk pasar.

Sumber: Tribunnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here