100 Pemuda Magang Wirausaha di UKM

0
10
Seratus peserta Magang Wirausaha mendapatkan pembekalan dari Kemenkop UKM, Diskop, praktisi dan coach bisnis, 13-15 Nopember 2015 di Hotel M-Regency Makassar

Kementerian koperasi dan UKM RI melalui Deputi Pengembangan SDM bekerjasama Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel memagangkan seratus pemuda pada sejumlah koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) di kota Makassar. Selama sebulan para pemuda ini akan belajar dan melihat langsung proses menjadi wirausaha sukses dari bawah sehingga bisa menginspirasi mereka menjadi pengusaha sukses.

Sebelum ke lokasi magang, seratus peserta ini mendapatkan pembekalan dari Kemenkop UKM, Diskop, praktisi dan coach bisnis, 13-15 Nopember 2015 di Hotel M-Regency Makassar. Dalam pembekalan bertajuk sosialisasi magang wirausaha 2015 hadir memberikan materi asdep peran serta masyarakat Kemenkop, Budi Mustopo, Ketua APINDO Sulsel, La Tunreng, Imran Jauzi dari Badan Diklat Provinsi Sulsel, Coach Adi Santoso dan widyaswara Balatkop dan UKM Sulsel.

Kepala Balatkop UKM Sulsel, Abd. Azis Bennu mengatakan, seratus peserta magang ini adalah hasil seleksi dari 700 calon peserta yang mendafarkan diri, sebagian besar merupakan mahasiswa, pemuda, dan kelompok strategis, serta beberapa orang yang sedang memulai usaha produktif dengan pendidikan minimal telah tamat SMA.

Kadiskop UKM Sulsel, Syamsu Alam Ibrahim saat pembukaan magang mengatakan, program magang wirausaha merupakan salah satu upaya untuk mencetak wirausaha baru, meningkatkan daya saing UKM, menaikkan kelas usaha mikro ke usaha kecil, hingga memperluas peluang penyerapan tenaga kerja.Hal ini sejalan pula dengan program unggulan Pemprov Sulsel yaitu penciptaan wirausaha baru berbasis desa dan kelurahan, tambahnya.

Asdep peran serta masyarakat Kemenkop, Budi Mustopo mengataan, program magang wirausaha telah diluncurkan sejak 2011 dan terbukti sangat efektif mendorong munculnya wirausaha baru.Karena itu tahun 2015 Kemenkop mengalokasikan anggaran berupa dana dekonsentrasi pendidikan untuk program magang wirausaha pada sejumlah provisinsi di Indonesia. Ia juga berpesan agar para calon peserta magang bersungguh-sungguh dalam memulai usaha, disiplin, dan jujur sebagai bekal untuk berwirausaha.

Sumber: Tribunnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here