Diskop UMKM Sulsel Latih 80 Wirausaha Baru Wajo

0
10
Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar pelatihan dalam rangka penciptaan wirausaha baru berbasis desa dan kelurahan se-Kabupaten Wajo, Selasa (10/11/2015).

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar pelatihan dalam rangka penciptaan wirausaha baru berbasis desa dan kelurahan se-Kabupaten Wajo, Selasa (10/11/2015).

Kegiatan dalam bentuk Training of Facilitator (ToF) ini dilaksanakan di Hotel Ashar Kota Sengkang dan diikuti 80 orang peseerta perwakilan dea/kelurahan se-Kabupaten Wajo.

Pembukaan TOF wirausaha baru se-Kabupaten Wajo dibuka Wakil Bupati Wajo, Bapak Dr H Andi Syahrir Kube Dauda SE MSi pada hari Senin, 9 Nopember 2015 dan akan berlangsung selama 3 hari.

akil bupati memberikan apresiasi atas program wirausaha baru yang merupakan program unggulan Pemprov Sulsel.”
saya berharap pelatihan ini menjadi bekal bagi peserta untuk mengembangkan potensi lokal yang ada di desa,dan jadikan wirausaha sebagai pilihan, jangan hanya mau jadi PNS,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKm Sulsel diwakili kepala Balatkop dan UKM Sulsel, Abd Azis Bennu mengatakan, program penciptaan wirausaha baru berbasis desa/kelurahan bertujuan untuk menjadikan wirausaha pemuda sebagai motor penggerak perekonomian daerah.

Selanjutnya, menggali dan memanfaatkan sumber daya ekonomi lokal, serta meningkatkan kepedulian pemerintah serta stakeholder untuk lebih fokus dalam menciptakan wirausaha baru.

Kegiatan TOF ini merupakan tahun ke-2 yang akan berjalan selama lima tahun ke depan dan diharapkan dapat mendukung upaya mewujudkan visi ekonomi Sulsel yang menargetkan 100 wirausaha per desa/kelurahan.

Kegiatan dikemas dalam bentuk pelatihan di dalam kelas sebanyak 1(satu) orang setiap desa/kelurahan, yang selanjutnya alumni TOF akan melakukan bimbingan dan pendampingan kepada calon wirausaha lainnya sebanyak 19 penerima starterkit pedoman usaha selama 3 bulan.

Pemprov Sulsel juga memberikan dukungan bagi kelompok usaha yang berprestasi berupa bantuan modal kerja yang diseleksi oleh tim independen.

Sumber: Tribunnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here