RumahUKM Review: Kopi Resmi

0
202

Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah memiliki potensi bidang pertanian ataupun perkebunan, maka tidaklah mengherankan kalau mayoritas penduduknya hidup dari bercocok tanam. Tahukah teman-teman kalau Banjarnegara juga merupakan daerah penghasil kopi? Meski demikian, masih sedikit petani maupun kelompok tani yang melakukan usaha pengolahan pasca panen agar nilai ekonomi kopi mereka lebih tinggi.

Melihat peluang yang ada, Galih Febianto dan Sigit di bawah brand Kopi Resmi mengolah biji kopi sendiri menjadi kopi bubuk. Biji kopinya diperoleh dari petani di Kec. Pagentan, Karangkobar, Wanayasa hingga Kalibening. Wilayah pegunungan bagian utara Kabupaten Banjarnegara itu kini menjadi salah satu sentra penghasil kopi yang potensial.

Varian produk Kopi Resmi ada tiga, yaitu Kopi Bubuk Resmi Arabica, Kopi Bubuk Resmi Robusta, dan Kopi Bubuk Resmi Tubruk. Ternyata, awal berdirinya Kopi Resmi karena Galih ingin memproduksi kopinya sendiri untuk usaha kafenya. Selain untuk memenuhi kebutuhan kafenya sendiri, kini Kopi Resmi dijual di warung-warung dan sejumlah kios oleh-oleh khas Banjarnegara.

Dengan potensi yang besar tersebut, Kopi Resmi berharap popularitas kopi olahan asli Banjarnegara bisa menyamai dawet ayu yang sudah lebih dahulu populer sebagai ikon kuliner daerahnya.

Bagi teman-teman yang penasaran ingin mencoba kopi khas Banjarnegara, Kopi Resmi bisa dipesan melalui:

Whatsapp: 0813 2679 0120

Email: kopiresmi@yahoo.co.id

Facebook: Kopi Resmi

Twitter: @kopiresmi

Instagram: @kopiresmi

 

Sumber (dengan berbagai pengolahan): http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/mengolah-kopi-menjadi-ikon-baru-banjarnegara/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here