Wagub DKI Jakarta: Hadapi MEA Pelaku UKM Harus Jeli Melihat Peluang

0
50
Wagub Djarot memukul gong sebagai simbol pembukaan acara Edukasi MEA di Hotel Lumire, Senen. (Foto: Pos Kota)

SENEN – Wagub DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat mengatakan pelaku Usaha Mikro dan Menengah (UKM) dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) harus jeli melihat peluang.

“Jangan panik menghadapi persaingan perdagangan, namun lihatlah hal ini sebagai peluang bisnis,” katanya saat membuka acara Edukasi Publik MEA di Hotel Lumire, kawasan Senen, Selasa (3/11).

Asean yang terdiri dari sepuluh negara dan berpenduduk 600 juta jiwa, secara geografis, Indonesia merupakan terbesar.

“Kita mendominasi sekitar 40 persen dari jumlah penduduk Asean. Mestinya kita bisa menjadi motor MEA,” kata Djarot pada acara yang diselenggarakan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta.

Soal bisnis jasa, kata Djarot, masyarakat Indonesia maupun warga DKI Jakarta, agar meningkatkan SDM. “Kita jangan melulu mengirim TKI untuk jasa pembantu rumah tangga. Tingkatkan kemampuan, minimal sebagai manajer toko atau konsultan,” harap Djarot, politisi PDI Perjuangan.

“Kita juga harus mengubah pola hidup masyarakat dari pola konsumtif menjadi produktif,” tambahnya.

MEA yang akan berlangsung mulai tanggal 1 Januari 2016, kata Djarot, merupakan upaya ketahanan masyararakat Asean dalam menghadapi perdagangan dunia.

“Seluruh produk dan jasa boleh memasuki negara-negara Asean tanpa pajak. Sebentar lagi, berbagai produk asing makin banyak masuk ke perkampungan di Jakarta. Untuk itu, kita perlu menyiapkan UKM agar mendapat peluang dari kondisi ini,” kata Djarot.

Kepala Dinas KUMKMP DKI, Irwandi menambahkan bahwa pembinaan diikuti seratusan pelaku UKM yang sudah berpengalaman ekspor. “Mereka dibina agar siap menghadapi MEA 2015 yang sudah di ujung mata,” papar Irwandi didampingi Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Johnson Siregar.

Pembinaan tersebut menghadirkan sejumlah narasumber dari Dirjen Perdagangan dan pakar, termasuk Joko Kundaryo, mantan Kadis KUMKMP DKI Jakarta. (Joko/win)

Teks Foto:

Wagub Djarot memukul gong sebagai simbol pembukaan acara Edukasi MEA di Hotel Lumire, Senen.

Sumber: Poskotanews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here