UKM TDA Bidik Pasar Bisnis di Irak

0
26

MENTENG – Pasar Timur Tengah, khususnya Irak, mulai dilirik para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dari komunitas bisnis Tangan Di Atas (TDA).

Dengan difasilitasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Baghdad di Irak, dan dukungan dari KADIN Timur Tengah di Jakarta, sebanyak 69 anggota UKM dari TDA dipertemukan dengan 80 pengusaha dari Irak dalam forum ‘Business Meeting Pengusaha Indonesia dan Irak’ di Wisma Elang Laut (WEL), Jalan Diponegoro 45, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2015) lalu.

Budi Rachmat, mewakili komunitas TDA menuturkan, bahwa sudah dua tahun ini mereka bekerjasama dengan KBRI Baghdad di Irak mempromosikan hasil produk UKM Indonesia ke Negeri 1001 Malam itu.

“Produk-produk yang dibutuhkan di Irak banyak juga produk-produk UKM, seperti gula jawa, rempah-rempah, arang untuk shisha, makanan, pakaian model hijab dan masih banyak lagi,” kata Budi.

Lebih lanjut terang Budi, dari pengalaman tahun sudah ada beberapa anggota TDA menjalin kerjasama bisnis dengan pengusaha Irak.

Dalam pertemuan bisnis ini kata Budi, Duta Besar RI untuk Irak, Safzen Noerdin yang turun langsung memantau acara tersebut, selalu memberi saran agar mereka lebih dulu menjual sample atau contoh produk.

“Dengan cara seperti itu, nantinya akan terbangun komunikasi yang berkelanjutan,” kata Budi.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Irak, Safzen Noerdin mengatakan, sebagai tindak lanjut mempromosikan produk Indonesia, sekitar 20 pengusaha Indonesia akan berangkat ke Irak.

“Insya Allah pada 1-10 November 2015 akan ada pameran Baghdad Internasional Fair 2015 dan rencananya sekitar 20 pengusaha dari Indonesia akan berangkat ke sana (Irak), dan akan memamerkan produk-produk Indonesia,” katanya.

Sumber: Tribunnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here