Hati-Hati Ini 5 Penyebab Kegagalan Usaha Patungan

0
77
Ilustrasi patungan

JAKARTA – Seringkali kita mendengar di dalam kehidupan kita mengenai banyaknya usaha patungan yang tidak berjalan dengan baik. Dari teman yang akhirnya menjadi musuh, sahabat yang tidak lagi menjadi sahabat, saudara yang kemudian memutuskan untuk tidak lagi menjadi saudara.

Dan bahkan sampai kakak dan adik kandung atau orang tua dan anaknya yang memutuskan hubungan persaudaraan mereka dikarenakan masalah di dalam usaha patungan yang mereka jalankan.

Michael Koeswara, Business Coach PT Formula Bisnis Indonesia memaparkan setidaknya ada lima penyebab kegagalan sebuah usaha patungan yang bisa dicermati bagi siapa saja yang berniat untuk membentuk usaha patungan, atau tengah menjalankan usaha bersama partner bisnis.

1. Sikap gampangan dan tidak enak hati

Seringkali sebuah usaha patungan bermula dari beberapa orang yang mempunyai hubungan kedekatan yang baik, misalnya diantara saudara, sahabat dan teman.

Hubungan kedekatan ini biasanya akan membuat masing-masing orang di dalamnya akan merasa bahwa pasti semua akan baik dan tidak akan ada masalah ke depannya. Karena itu biasanya mereka tidak mempersiapkan pendirian usaha tersebut dengan pondasi dan rambu-rambu yang baik.

2. Pembagian porsi kepemilikan yang tidak sesuai

Pembagian porsi kepemilikan yang tidak sesuai akan membuat masing-masing orang, khususnya ketika usaha yang dibangun sudah berkembang dan menghasilkan uang, akan berebut keuntungan dan merasa yang paling berjasa di dalam membangun usaha tersebut.

3. Keterlibatan pihak ketiga

Hal ini berhubungan dengan penyebab kegagalan yang kedua, dimana pasangan dari orang yang melakukan usaha patungan tersebut merasakan adanya ketimpangan dan kemudian akan “memanasi” pasangannya untuk juga mendapatkan apa yang diinginkannya.

4. Tidak adanya pemimpin yang bisa mengambil keputusan

Karena biasanya sebuah usaha patungan dimulai dari keluarga, sahabat ataupun teman-teman dekat, pada umumnya tidak ada satu orang yang dianggap ataupun menggangap dirinya lebih tinggi kedudukannya dibandingkan orang yang lainnya. Pada akhirnya hal ini kemudian akan membuat semua pihak di dalam usaha tersebut menjadi pemimpin.

5. Tidak ada komunikasi yang baik

Komunikasi yang tidak baik diantara masing-masing orang di dalam usaha tersebut akan membuat semakin hilangnya kepercayaan satu dengan yang lainnya yang pada akhirnya akan membuat usaha yang dibentuk tidak dapat berjalan dengan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here