UKM Berperan Memberantas Kemiskinan

0
571
USAHA KERATIF: Seorang ibu PKK terlihat sedang melakukan penimbangan boneka pada salah satu usaha kreatif pembuatan boneka di Tarumajaya.

TARUMAJAYA – Usaha Kecil Menengah (UKM) maupun usaha kreatif di wilayah Kecamatan Tarumajaya masih membutuhkan bantuan dari pemerintah daerah. Hal itu dikatakan oleh Camat Tarumajaya, Sigit, kemarin.

Kata dia, usaha kreatif ataupun UKM memiliki peran vital dalam mendongkrak taraf hidup masyarakat. Oleh karena itu, dorongan dan support dari pemerintah dibutuhkan untuk meningkatkan kreatifitas dan produktifitas.

Di Tarumajaya sendiri, lanjutnya, butuh adanya pembinaan dan masalah pemasaran. UKM yang cukup dikenal di Tarumajaya sendiri adalah dalam bidang seni batik yang menjadi andalan.

“Yang baru maju banget kan batik, sedangkan yang belum maju juga ada beberapa, nah saya mau mengusulkan ke Pemda untuk melakukan pembinaan di sini,” katanya.

Menurut Sigit, pembinaan yang dilakukan lebih difungsikan untuk belajar dalam hal pemasaran dan motivasi diri, terlebih menurut dia, motivasi dari dalam diri sendiri di dunia UKM sangatlah penting.

“UKM kalau motivasi dari pelakunya lemah, susah juga, sedangkan kalau dari Pemda ada motivatornya dan memang kompeten,” tambahnya.

Dia menambahkan, pihaknya bakal melakukan kerjasama dengan pihak pemerintah daerah terkait program-program UKM. Dengan kerjasama tersebut nantinya peran UKM bisa lebih vital sebagai poros utama kecamatan untuk mengurangi kemiskinan. Pasalnya, dengan semakin berkembangnya UKM tersebut maka secara otomatis banyak peluang kerja yang diciptakan.

“Kita jadikan UKM sebagai poros utama untuk mengurangi angka kemiskinan,” harapnya.

Selain batik, UKM yang sudah cukup terkenal di Tarumajaya adalah kerajinan manik-manik untuk tempat tisu, tas, dan lainnya yang dikerjakan ibu PKK di Desa Setiaasih.

Sumber: Pojoksatu.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here