UKM Purworejo Mampu Hadapi Gejolak

0
130
UKM pengolahan ketela di Purworejo, bertahan meski ekonomi sedang lesu.

PURWOREJO – Usaha kecil dan mikro (UKM) di Kabupaten Purworejo mampu bertahan menghadapi lesunya perekonomian dan turunnya nilai tukar rupiah. Dinas Koperasi Perdagangan Perindustrian dan Pariwisata (Dikoperindagpar) Purworejo belum menerima laporan UKM yang menutup usaha
akibat gejolak itu.

Berbagai upaya dilakukan Dikoperindagpar untuk menyelamatkan UKM Purworejo. “Kami fokus membina, jangan sampai UKM bangkrut. Kami fokus karena menilai UKM bisa mendorong peningkatan kesejahteraan,” terang Nurhadi Trionggo SH MAP Kepala Seksi UMKM Dikoperindagpar Purworejo , kepada KRjogja.com, Minggu (20/09/2015).

Kendati demikian, Nugroho mengakui apabila gejolak perekonomian berdampak pada UKM di Purworejo. Usaha terdampak antara lain adalah usaha yang memproduksi barang berbahan baku produk impor. “Ada tempe dan kedelai, namun pengamatan kami mereka masih mampu mengantisipasi lonjakan harga bahan baku,” ucapnya.

Namun UKM Purworejo masih menghadapi kendala permodalan. Mereka kesulitan mengakses sumber modal dari sektor perbankan. Menurutnya, kondisi itu antara lain akibat unit usaha yang belum berizin.

Sumber: krjogja.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here