Lebak Berdayakan UKM Ikan Tangkapan

0
3
Ilustrasi kapal nelayan bersandar di dermaga (Foto: Antara/Pradita Utama)

Lebak- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lebak, Banten mendorong pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) ikan tangkapan guna meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat pesisir.

“Kami terus melakukan pembinaan dan bantuan kepada pelaku UKM ikan tangkapan agar tumbuh dan berkembang,” kata Kepala Bidang Usaha pada DKP Kabupaten Lebak Hasan Lubis saat dihubungi di Lebak, Minggu (6/9).

Saat ini, pelaku UKM ikan tangkapan menggeluti usaha hasil tangkapan di antaranya abon ikan, baso ikan, kerupuk ikan, pemindangan dan pemasaran ikan. Bahkan, produksi ikan mereka sudah menembus pasar Jakarta, seperti abon ikan dan baso ikan. “Kami berharap pelaku UKM itu bisa meningkatkan kualitas produksi, sehingga dapat memenuhi permintaan pasar,” katanya.

Menurut dia, pemerintah daerah mengoptimalkan pembinaan terhadap pelaku UKM ikan tangkapan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selama ini masyarakat pesisir selatan Kabupaten Lebak hanya mengandalkan dari tangkapan ikan itu.

Ia mengatakan pemerintah telah menyalurkan bantuan kepada pelaku UKM hasil tangkapan dengan memproduksi abon ikan di Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak. Mereka mendapat bantuan melalui program pengembangan usaha minat pedesaan (PUMP) pengolahan dan pemasaran hasil perikanan.

Bantuan usaha ini, kata dia, untuk meningkatkan produksi abon ikan dengan kualitas bagus dan diharapkan dilirik pengusaha dari Jakarta.

Sumber: Beritasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here