Diet Mayo, Dietnya Anak Instagram

0
106
Contoh menu katering diet mayo dari Ciwi Gendut (dok. pribadi)

Dalam beberapa tahun terakhir ini, gaya hidup sehat tengah diadopsi oleh masyarakat di kota-kota besar Indonesia. Maraknya penggunaan media sosial berperan besar dalam mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan melalui pola makan yang bernutrisi dan olah raga yang cukup. Namun, tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk menyiapkan makanan sehatnya setiap hari. Hal inilah yang dilirik sejumlah pengusaha katering makanan sehat atau program diet mayo yang kini marak bermunculan di sosial media, khususnya Instagram.

Diperkenalkan oleh Mayo Clinic di Amerika Serikat, program 13 hari ini dipercaya bisa menurunkan berat badan hingga 8 kilogram sekaligus menghilangkan racun dalam tubuh. Pola makan diet mayo berupa menu tinggi protein seperti daging ayam dan ikan dengan sayuran dan buah-buahan, rendah kalori, dan minim karbohidrat. Selain itu, masakan tidak boleh diberi garam dan bumbu lainnya karena mengikat air di dalam tubuh. Diet mayo bisa menurunkan berat badan karena tubuh kehilangan air, sehingga tubuh mengambil cadangan gula.

Penulis (22 tahun), pernah mencoba program diet mayo dari Ciwi Gendut (Instagram: @ciwigendut) pada akhir Juli hingga awal Agustus 2015. Selama 13 hari, penulis hanya mengonsumsi makanan dan snack buah yang disediakan oleh catering. Pihak catering mengirimkan makan siang sekalian dengan makan malam ke kantor dan ke rumah di akhir pekan. Setelah 13 hari dibarengi dengan olahraga ringan, penulis berhasil menurunkan berat badan hingga 4 kg. Menu yang diperoleh antara lain Pan Fried Korean Beef, Pan Fried Dory Fish, dan Ayam Bunga Kecombrang. Tanpa menggunakan garam, Penulis tidak begitu merasa jenuh karena masakannya terasa kaya bumbu. Menu-menu utama tadi terkadang didampingi dengan baby potato atau ubi.

Bagi mereka yang sibuk bekerja sehari-hari, konsumsi makanan sehat melalui katering diet merupakan salah satu cara menurunkan berat badan tanpa harus repot memasak setiap pagi. Namun, katering diet juga merupakan solusi tepat bagi mereka yang ingin mengatur pola makan yang biasanya tidak sehat. Jumlah masyarakat kota besar terutama wanita yang mengadaptasi pola hidup sehat semakin bertambah setiap harinya. Ini adalah peluang bisnis yang bisa dilirik oleh teman-teman UKM yang ingin membuka bisnis katering.

Per Jumat, 4 September 2015, ada lebih dari 80.000 foto dengan tagar #dietmayo beredar di Instagram. Tagar di Instagram mempermudah netizen mencari produk yang diinginkan. Kini, banyak pengusaha dari berbagai bidang menggunakan Instagram karena dinilai efektif dalam memasarkan produk, hanya dengan tagar. Karena banyak anak muda yang memiliki Instagram, suatu tren akan lebih cepat tersebar ke berbagai kalangan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh teman-teman yang mau membuka katering sejenis. Promosi katering diet melalui Instagram tentunya membutuhkan strategi. Arus informasi di Instagram bersifat real-time, maka pengusaha harus cermat memanfaatkan waktu agar promosi yang diunggah terlihat oleh target sasaran. Katering Ciwi Gendut biasanya mengunggah postingan menu maupun testimoni customer pada pagi hari, sekitar pukul 9. Tagar yang digunakan antara lain #dietmayojakarta dan #cateringsehat.

Menjamurnya catering diet mayo di Instagram merupakan sebuah peluang dan tantangan: peluang karena masyarakat modern menggunakan Instagram sebagai platform belanja, dan tantangan karena persaingan antar katering diet mayo semakin sengit. Untuk itu, harus ada inovasi baik pada menu makanan maupun promosi pada momen-momen tertentu.

 

Sumber:

http://female.kompas.com/read/2015/03/30/140000420/Benarkah.Diet.Catering.Ampuh.Turunkan.Berat.Badan.

http://health.kompas.com/read/2014/10/03/070500423/Mengapa.Diet.Mayo.Bisa.Turunkan.Berat.Badan.dalam.Dua.Minggu.

http://tekno.kompas.com/read/2015/04/27/16160007/Ketika.Diet.Mayo.Merambah.Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here