UKM Kuliner, Bisnis yang Mengenyangkan dan Menguntungkan

0
76
Ilustrasi produk UKM kuliner

UKM atau Usaha Kecil Menengah merupakan kegiatan ekonomi rakyat di berbagai bidang usaha. Peran UKM dalam perekonomian Indonesia sangat besar, karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja. Oleh sebab itu, UKM menjadi salah satu tulang punggung perekonomian di Indonesia.

Dengan adanya pelaku bisnis UKM, semakin banyak wirausahawan yang menyaring lebih banyak lagi tenaga kerja. Dari segala bidang bisnis UKM, bidang kuliner paling banyak diminati. Mengapa? Karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang tidak akan lepas dari kehidupan sehari-hari. Bisnis di bidang kuliner juga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dan bisa dijalankan dengan modal kecil. Bisnis di bidang kuliner pun banyak kategorinya, misalnya makanan ringan (snack), minuman, hingga makanan utama (main course).

Karena banyak pelaku UKM kuliner, tentunya dibutuhkan inovasi agar produknya laku dan beda dari kompetitor. Pelaku UKM harus didorong untuk kreatif dalam mengemas produknya namun juga harus mempertahankan pelayanan yang baik.

Misalkan, agar unik, produk brownies dikemas dalam jar sehingga konsumen bisa langsung menyantapnya dengan mudah. Bisa juga untuk menjadi hadiah bagi orang terdekat. Tidak hanya makanan yang “modern” yang laku saat ini. Makanan tradisional ternyata cukup potensial untuk dikembangkan karena dewasa ini, banyak yang merindukan makanan-makanan tradisional. Ada juga yang memanfaatkan potensi milik daerah asalnya, seperti brownies rasa durian dari Pekanbaru. Inovasi juga bisa dikembangkan di kuliner tradisional, misalnya produk nasi liwet instan yang hanya perlu dimasak di rice cooker.

Pelaku UKM kuliner juga harus cermat mengamati peluang yang ada di daerahnya. Misalnya, berinovasi menjadi restoran sate pertama yang bisa melayani pesan antar (delivery). Harga juga harus bisa bersaing, namun tetap disesuaikan dengan bahan yang dipakai. Menjual steak enak yang murah dengan target utama mahasiswa juga bisa menjadi ide usaha yang bagus 🙂

Hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku UKM kuliner, mutu produk juga harus bisa dipertahankan, bahkan kalau bisa ditingkatkan. Dengan melakukan quality control secara berkala, produk UKM diharapkan bisa bersaing dengan produk impor yang menggempur Indonesia, bahkan sebelum MEA dimulai.

UKM adalah sektor yang memberikan harapan besar kepada Indonesia untuk bisa bertahan dari gempuran ekonomi negara-negara Asia Tenggara saat kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN berlaku pada tahun depan. Yuk, konsumsi produk lokal!

 

Sumber :

https://www.maxmanroe.com/6-bisnis-ukm-usaha-kecil-menengah-yang-menjanjikan.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Usaha_Kecil_dan_Menengah

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here