Sehat dengan Kolang Kaling

0
67

Selama bulan Ramadhan kemarin, kolang-kaling seringkali menjadi hidangan untuk berbuka puasa. Ada yang dicampur sirup dan nata de coco, bahkan ada juga yang disertakan dalam kolak pisang. Apapun jenis makanan berbukanya, kolang-kaling tetap nikmat untuk disantap. Ternyata, kolang-kaling menyimpan berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, lho.

Sebelumnya, apa itu kolang-kaling? Kolang-kaling atau biasa disebut juga buah atap adalah camilan kenyal berbentuk lonjong yang berwarna putih transparan. Kolang-kaling ini terbuat dari biji pohon Aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah.

Kolang-kaling sebelum diberi rasa dan pewarna
Kolang-kaling sebelum diberi rasa dan pewarna (sumber: ukmglobal.com)

Kolang-kaling mengandung Albumin dengan kadar mencapai 60%, yang merupakan protein plasma tubuh dan juga mengandung serat yang cukup tinggi, yang berkhasiat melancarkan sistem pencernaan. Kandungan kalsium pada kolang-kaling hampir setara dengan kandungan kalsium pada susu (kalsium kolang kaling: 91 mg/100 gr ; susu: 125 mg/100 gr). Karena kandungan kalsiumnya, kolang-kaling dapat mengobati Osteoporosis, memperkuat tulang, dan mengurangi nyeri atau kaku pada persendian.

DSC_0445
Kolang-kaling setelah diproses untuk dihidangkan (sumber: http://e-ukm.org/)

 

Kandungan karbohidrat dan gelatin pada kolang-kaling memberikan rasa kenyang bagi yang mengonsumsinya dan juga menurunkan nafsu makan, sehingga cocok untuk teman-teman yang sedang menjaga asupan kalori atau berdiet.

Selain menyegarkan, manisan ini mudah dibuat dan kaya serat sehingga bisa mengimbangi hidangan Lebaran yang umumnya tinggi lemak. Tidak heran kalau banyak yang menyajikan kolang-kaling saat bulan Ramadhan atau ketika Hari Raya Idul Fitri karena bisa memperlancar ke belakang 😛

Kolkal Griya rasa Coco Pandan
Kolkal Griya rasa Coco Pandan

Untuk teman-teman yang kangen dengan manisan satu ini, Kolkal Griya bisa menjadi solusinya. Ada berbagai macam varian rasa yang ditawarkan oleh Kolkal Griya yang bisa dipilih sesuai selera: Anggur, Coco Pandan, Green Tea, dan Leci Pandan. Kolkal Griya dijamin Halal dan tanpa bahan pengawet, kok!

 

Alamat:

Griya Tugu Asri Blok B2 No. 8

Kec. Cimanggis

Depok, Jawa Barat.

Telepon: 0812 6880 169

Teman-teman juga bisa pesan Kolkal Griya secara online disini: http://www.agrow.co.id/AgriBisnis/kolkal-griya-coco-pandan/

 

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Kolang-kaling

http://www.agrow.co.id/AgriBisnis/kolkal-griya-coco-pandan/

http://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/2014/11/8-manfaat-dan-khasiat-buah-kolang-kaling.html

http://www.ukmglobal.com/profile/115/kolkal-griya/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here