Saat Ekonomi Lesu, UMKM Paling Mampu Bertahan

0
20
Ilustrasi UKM

Jakarta – Pakar Ekonomi dari Permata Bank, Josua Pardede, mengatakan, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat tetap stabil ketika ekonomi sedang lesu, sehingga kegiatan tersebut berpotensi meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Siklus ekonomi yang sedang menurun akan cepat berdampak pada korporasi, sedangkan ekonomi UMKM akan jauh lebih stabil,” ujar Josua di Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), di Jakarta, Rabu (8/7).

Dalam acara yang bertema “Membangun Optimisme Bisnis UMKM”, ia menuturkan dampak yang dihadapi ketika kondisi ekonomi sedang melemah adalah penurunan permintaan barang dan jasa.

Pada kondisi tersebut, korporasi yang bisnisnya berskala besar berpotensi mengalami penurunan permintaan barang dan jasa yang lebih tinggi dibandingkan dengan usaha-usaha menengah dan di bawahnya, tambahnya.

Selain itu, menurut dia, UMKM juga dapat bertahan di tengah kelesuan perdagangan karena biasanya bisnis mikro tidak banyak bergantung pada kegiatan ekspor maupun impor.

Oleh karena itu, ia menuturkan keunggulan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang hingga kini menyumbang sebesar 15 persen pada ekonomi nasional ini, sebaiknya digunakan pemerintah untuk kembali meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Walaupun keadaan sedang krisis pun, pemerintah sebaiknya tetap mendorong UMKM karena potensi mereka membangun ekonomi besar, apalagi kontribusinya telah meningkat pada beberapa tahun ini,” ujarnya.

Sumber: Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here