Pemberdayaan UKM Penting di Tengah Kelesuan Ekonomi

0
4
Ilustrasi UKM

Untuk membangun kemandirian masyarakat dan menyongsong pemberlakuan MEA.

Di tengah kelesuan ekonomi nasional, pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM) menjadi penting dilakukan oleh pemerintah. Selain untuk membangun kemandirian masyarakat, pemberdayaan ini juga untuk menyongsong pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akhir tahun ini.

Demikian mengemuka, saat acara penyerahan bantuan bagi para pelaku UKM di Klaten, Jawa Tengah, Senin 6 Juli 2015. Hadir dalam pertemuan tersebut Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, anggota Komisi VI DPR Endang Srikarti Handayani, Bupati Klaten Sunarna, dan Wakil Bupati Klaten Hartini.

Dalam acara tersebut, pelaku UKM di Klaten menerima bantuan sertifikasi hak cipta untuk produk yang dihasilkan, sekaligus bantuan permodalan. Bahkan, Endang Srikarti memberi sumbangan traktor untuk petani setempat. Ini momentum berharga untuk menumbuhkan semangat dan menggairahkan ekonomi rakyat kecil di daerah.

“Harapan saya, bantuan ini bisa menggalakkan pelaku UKM sesuai dengan skill-nya. Bantuan traktor untuk pertanian supaya bisa menambah income harian. Saya juga berharap, para pemuda yang sedang berada di perantauan, pulanglah untuk membangun daerah supaya lebih maju,” ujar Endang usai pertemuan.

Sebelumnya, saat memberi sambutan di acara tersebut, Endang berharap agar para pelaku UKM tidak dipersulit untuk mengakses bantuan modal usaha. Dan pelaku UKM harus memanfaatkan bantuan tersebut untuk kemajuan ekonomi dan meningkatkan daya saing.
“Kehadiran menteri Koperasi dan UKM ke Klaten ini, untuk menjawab kegalauan rakyat kecil agar bisa bangkit kembali,” ujar politisi Partai Golkar dari dapil Jateng V tersebut.

Endang menyampaikan, kehadirannya dengan mengajak sang menteri ke Klaten dapilnya, untuk membangkitkan kembali ekonomi kerakyatan sekaligus menumbuhkan kepercayaan diri para pelaku UKM. Ini pemberian perhatian yang sangat baik sekaligus ingin mengapresiasi para pelaku UKM.

Sementara itu, menkop UKM mengatakan, di saat krisis, sektor UKM yang paling kuat menghadapi gelombang resesi ekonomi global. Menteri juga mengapresiasi langkah pemda setempat yang telah menyerahkan izin usaha untuk UKM ke kantor camat. Dan Klaten merupakan kabupaten ke-38 di Indonesia yang telah mendelegasikan izin UKM ke tingkat kecamatan.

Di tempat terpisah, Bupati Klaten Sunarna, memberi apresiasi dan ucapan terima kasih kepada menkop UKM dan anggota Komisi VI DPR RI Endang Srikarti yang telah memberi perhatian sekaligus bantuan kepada para pelaku UKM di kabupaten yang dipimpinnya. Ada sekitar 58 ribu lebih pelaku UKM di Klaten yang harus diberdayakan, agar kelak menghasilkan produk unggulan dan berdaya saing tinggi.

Sumber: Viva.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here