Mau Usaha Sukses? Terapkan Strategi Keuangan Ini

0
144

Jakarta – Pasti banyak wirausahawan yang ingin mengetahui mengatur keuangan perusahaan. Pasti banyak yang bertanya mengapa pengeluaran di perusahaan sangat banyak sekali, jika pengeluaran terus menerus pastinya perusahaan akan mengalami krisis uang.

Sebuah perusahaan wajib punya trik dalam mengatur keuangannya, dan berikut adalah beberapa trik dalam mengatur keuangan di sebuah perusahaan.

1. Pisahkan rekening pribadi dengan perusahaan

Hal ini agar terhindar salah penggunaan yang tidak sengaja. Meskipun perusahaan milik Anda sebaiknya memisahkan rekening perusahaan dan rekening sendiri, agar tidak tercampur dengan uang perusahaan, accounting pun lebih gampang mencatat pengeluaran.

2. Budgetkan pengeluaran bulanan

Jika terpaksa meminjam, hitung sebagai utang yang harus dibayar di gajian berikutnya. Jangan melupakan pinjaman Anda, jika memang meminjam maka bayar kembali, agar pengeluaran perusahaan tidak terbebani.

3. Buat Laporan arus kas

Seperti membuat laporan keuangan yang menunjukan laba/rugi, dengan ini Anda bisa mencatat pengeluaran dan pendapatan perusahaan.

4. Hindari uang yang tersimpan di karyawan

Ada kejadian yang dimanfaatkan oleh karyawan dengan alasan foya-foya, saudara sakit, pulang kampung, dan sebagainya. Lebih baik jika memang ada uang yang tersimpan di perusahaan lebih baik Anda ambil lebih dulu.

5. Lakukan cek struk secara berkala

Jadi maksudnya di sini, seperti mencegah manipulasi atau penggelapan uang pada karyawan, biasanya karyawan cenderung berbohong karena struk yang dianggap tidak ada dan alasannya belum terjual, oleh karena itu lakukan cek secara berkala.

6. Kurangi risiko akan meminjam dan hasilnya utang usaha

Janganlah sering-sering meminjam uang ke perusahaan lain. Berhati-hatilah dengan utang sebab jika kondisi keuangan sedang tidak stabil, maka akan memperburuk keadaan usaha akibat utang yang menumpuk.

7. Buat pembukuan dengan rapi

Pembukuan bertujuan untuk mengontrol semua transaksi yang keluar dan tranksaksi yang masuk, serta adanya utang dan piutang dalam perusahaan. Pembukuan yang rapi akan mempermudah anda untuk bisa melihat bagian-bagian yang kalian ingin temui.

8. Meminta bantuan untung menghitung laporan keuangan

Jangan sungkan untuk meminta bantuan jika Anda tidak mampu mengelolah keuangan dengan baik. Dengan cara ini, akan mengurangi risiko terhadap bisnis Anda.

Dan itulah beberapa tips untuk mengatur keuangan yang benar, sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian. Dalam mengatur keuangan Anda harus bisa transparan. agar semua karyawan di perusahaan bisa mengetahui alur yang jelas. Semoga bermanfaat bagi anda.

Sumber: Detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here