7 Tempat Wisata Kuliner Paling Terkenal di Purwakarta

0
284

Bagi Anda yang hobi makan atau bagi Anda yang sedang dalam perjalanan dari Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya. Mungkin didalam perjalanan Anda merasa lapar dan haus tidak ada salahnya untuk mencicipi salah satu dari tujuh kuliner ngetop versi Cidahu.com.

Bagi pengguna tol, setidaknya ada tiga gerbang tol yang bisa Anda lalui untuk mendapatkan ketujuh kuliner tersebut, yaitu Gerbang Cikampek, Gerbang Sadang dan Gerbang Jatiluhur.

Ketujuh kuliner ngetop yang bisa Anda coba yaitu, Sate Maranggi Cibungur, Soto Sadang Asli, Es Ciming Pasar Jumaah, RM Ibu Haji Ciganea, Aneka Pepes Ibu Ani Cilegong, Ikan Bakar Betutu Jatiluhur dan Simping Kaum Cipaisan.

Sebenarnya masih banyak kuliner-kuliner lain yang tak kalah lezat yang ada di Purwakarta, seperti di Plered dan di Wanayasa misalnya, Kali ini mari kita membahas ketujuh kuliner yang bisa membuat lidah kita bergoyang itu.

Pertama, Sate Maranggi Cibungur, panganan itu merupakan kuliner khas Purwakarta, maranggi adalah sate yang terbuat dari daging sapi atau daging kambing. Citarasanya yang khas menjadi pembeda sate maranggi dengan berbagai jenis sate lainnya. Dagingnya yang empuk terasa manis dengan aroma rempah disajikan dengan kecap dan sambal irisan tomat. Tanpa kehadiran bumbu kacang pun rasanya sangat nikmat.

“Sate Maranggi yang sangat terkenal di Purwakarta adalah Sate Maranggi Cibungur yang berlokasi di Jalan Raya Cibungur, tak jauh dari pintu tol Cikampek. Selain sate marangginya, Anda wajib mencoba es kelapa mudanya yang disajikan dalam gelas kaleng,” kata Lisda Lisdiana (28) salah satu pengunjung asal Jakarta, belum lama ini.

Kemudian, panganan berikutnya adalah Soto Sadang Asli. Sadang merupakan sebuah daerah di Purwakarta. Soto Sadang ini dikenal karena kuah santannya, namun ada juga yang disajikan dengan kuah bening. Isinya dapat menggunakan daging sapi atau daging ayam. Nah, antara isi dan kuahnya ini dapat dikombinasikan, seperti: Soto Daging Kuah Santan, Soto Daging Kuah Bening , Soto Ayam Kuah Bening, Soto Ayam Kuah Santan. Isinya pun dapat dicampur. Soto sadang ini dihidangkan dengan taburan bawang goreng dan emping. Soto Sadang Asli beralamat di Jalan Veteran 12 Purwakarta.

Yang ketiga adalah Es Ciming Pasar Jumaah, Es ciming ini sebenarnya adalah es campur. Dinamai Es Ciming karena pembuatnya adalah Ko Ciming, seorang keturunan Tionghoa.

Keunikannya adalah pada kacang hijau rebus dan cendol dari adonan hunkwe yang dipadukan dengan kelapa muda, cincau hitam yang diberi segunung es serut dan dilumuri susu kental manis. Untuk citarasa yang lebih nikmat, dapat ditambahkan tapai ketan hitam. Warung Es Ciming yang sudah berjualan sejak tahun 1972 ini berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman atau yang lebih dikenal sebagai daerah Pasar Jumaah.

Selanjutnya, Rumah Makan (RM) Ibu Haji Ciganea. Inilah rumah makan sunda dengan penyajian ala rumah makan padang. Jika Anda mengunjungi RM Ibu Haji Ciganea, pelayan akan bertanya berapa orang yang akan bersantap sebelum mempersilakan duduk. Kemudian, berbagai hidangan pun segera berdatangan. Mulai dari ikan mas goreng, babat/usus goreng, sayur asem, pepes ikan mas, ayam goreng kampung, ayam goreng basah plus sambel dadak cabe hejo, gepuk dan berbagai lalapan.

Menu andalan di RM Ibu Haji Ciganea ini adalah ikan mas kecil yang digoreng renyah. Rumah makan yang telah berdiri sejak tahun 1971 ini didirikan oleh Rd. Atik Jaya Saputra dan kini diteruskan oleh generasi ketiga beliau. RM Ibu Haji Ciganea berlokasi di Jalan Veteran Purwakarta dan di dekat Gerbang Tol Jatiluhur.

Ini panganan ngetop yang kelima, Aneka Pepes Ibu Ani. Di Rumah Makan Ibu Haji Ani, Anda dapat menikmati berbagai macam pepes. Tinggal pilih sesuai dengan selera. Ada pepes jamur, jambal, teri, lele, ikan mas, peda, ampela, oncom, belut, telur ikan, gurame dan ayam.

Pepes di Rumah Makan Ibu Haji Ani ini disajikan dengan lalapan dan dua jenis sambal, yaitu sambal terasi dan sambal mentah. Jika Anda ingin mencicipi kelezatan pepes Ibu Ani, Anda dapat menuju Jalan Ir. Juanda 2 Jatiluhur. Rumah makan ini terletak tak jauh dari Wisata Jatiluhur.

Masih di Jatiluhur, panganan lainnya adalah Ikan Bakar Betutu. Ikan betutu adalah sejenis ikan yang mirip dengan ikan sapu-sapu namun memiliki ukuran yang lebih besar. Ikan betutu ini hidup di tepian waduk Jatiluhur dan tidak diternakkan.

Uniknya, ikan betutu ini mampu hidup di darat selama sekitar delapan jam, tanpa diberi air sedikit pun. Nah, jika Anda penasaran dengan rasa ikan bakar Betutu, Anda dapat mengunjungi Rumah Makan Pak Yadi yang berada di kawasan Wisata Jatiluhur. Ikan bakar betutu ini memiliki daging yang tebal, empuk, dan gurih.

Nah, ini yang ketujuh, jika anda menyukai cemilan Simping, anda patut mencoba Simping Purwakarta sentranya berada disekitaran Mesjid Agung Purwakarta (Kaum) di Kelurahan Cipaisan. Inilah oleh-oleh khas Purwakarta. Simping adalah makanan ringan yang terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung tapioka, bentuknya bulat pipih dan sangat renyah.

Ada berbagai pilihan rasa simping yaitu keju, kencur, udang, bawang, susu, pandan, bahkan pisang dan susu, tentu saja kita dapat menjumpai simping hampir di setiap toko oleh-oleh di Purwakarta. Selamat mencoba, rencanakan perjalanan Anda, atur waktu sebaik mungkin sehingga tak ada yang terbuang sia-sia.

Sumber: Cidahu News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here