Keripik Pisang Ibu Ida yang Mendunia

0
403

Teman-teman yang hobi makan keripik pisang harus kenalan dengan Ibu Ida. Berawal dari keinginan untuk mengisi waktu luang, Ibu Ida Widyastuti mendirikan perusahaan makanan ringan Mekarsari pada tahun 2002. Awalnya, Ibu Ida terinspirasi berbisnis ketika menggoreng emping oleh-oleh dari saudaranya. Bermodal Rp 600.000, beliau mengambil emping basah untuk diolah dan dijual kembali.

Ibu Ida berjualan emping selama dua tahun, hingga suatu ketika ia mengunjungi kerabatnya di Kab. Trenggalek. Beliau melihat peluang usaha ketika menemui banyak pisang agung yang dibuang ke laut karena tidak laku dijual setelah puasa dan lebaran. Akhirnya, Ibu Ida belajar mengolah pisang menjadi keripik dengan  trial dan error selama empat bulan. Bahkan, beliau pernah mengalami kerugian besar karena keripiknya melempem.

GoBanano, keripik pisang aneka rasa
GoBanano, keripik pisang aneka rasa

Setelah mendapatkan formula yang pas dan dijual kembali, permintaan keripik pisang Ibu Ida meningkat. Berarti, produksi pun semakin tinggi sehingga tidak bisa lagi mengandalkan pisang dari pengepul. Untuk memproduksi keripik pisang dalam jumlah besar, Ibu Ida menyiapkan lahan sebesar 200 hektar yang ditanami pisang agung. Beliau mempekerjakan 30 warga sekitar untuk merawat kebun pisang agungnya. Per harinya, Mekarsari bisa menghabiskan lima ton pisang, bahkan 10 ton pisang ketika musim panen. 

Contoh produk keripik pisang yang diekspor keluar negeri
Contoh produk keripik pisang yang diekspor keluar negeri

Pada tahun 2009, Mekarsari mendirikan gerai makanan ringan yang dinamakan Roemah Snack Mekarsari di pusat Sidoarjo. Kini, Roemah Snack Mekarsari memiliki dua cabang di Krian, Jawa Timur dan Denpasar, Bali. Selain itu, Ibu Ida juga menggandeng sekitar 100 UKM yang memproduksi camilan tradisional untuk memasok produk Mekarsari. Kini, produk Mekarsari sudah tersebar di seluruh Indonesia. Keripik pisang Ibu Ida ternyata sudah sampai luar negeri lho! Beberapa pembeli dari luar negeri sudah melakukan transaksi ekspor seperti Malaysia, Thailand, Hong Kong, Jepang, dan Filipina.

Bersama Mekarsari, Ibu Ida sudah meraih beberapa prestasi diantaranya: Perempuan Inspiratif Nova 2011 versi Tabloid Wanita Nova, 100 Wanita Pengusaha Pilihan SWA 2012 versi majalah SWA, Pemenang Pertama Wanita Wirausaha Mandiri Femina versi Majalah Femina 2012 dan kategori tambahan sebagai Green Entrepreneur, Pemenang Ernst and Young Enterpreneurs Winning Women 2012. Beliau juga mendapat penghargaan dari Kementrian Perdagangan yaitu Pangan Award 2012 dan Special Award Inovasi Olahan Buah Tropis Indonesia 2012.

Produk andalan Mekarsari adalah keripik pisang aneka rasa, Gobanano dan opak pisang Bananos. Selain itu, ada juga segala jenis sale pisang, kerupuk dan kue-kue kering. Ada sambal beraneka rasa juga dengan merk Sambal Jeng Ida, dengan rasa antara lain: lorjuk, rica-rica tuna, bandeng asap, ikan peda, sambal bajak, dan sambal lainnya yang juga sedap.

Sambal Bajak, salah satu sambal andalan dari Sambal Jeng Ida
Sambal Bajak, salah satu sambal andalan dari Sambal Jeng Ida

Admin sudah mencoba keripik pisang GoBanano rasa Choco Coffee dan Jagung Bakar. Rasa manis keduanya pas dan crunchy ketika digigit, meskipun agak tebal. Ternyata rasa manis keripik pisang cocok juga dengan rasa asin seperti jagung bakar lho!

Ada juga varian lain keripik pisang yang diekspor. Admin mencoba keripik pisang yang diekspor ke Malaysia yang lebih tipis dibandingkan kedua varian yang telah dicoba sebelumnya. Sedangkan versi ekspor ke Arab Saudi adalah keripik pisang asin. Semuanya enak 🙂 Mau lebih enak? Coba deh cocol keripik pisang asin dengan Sambal Jeng Ida! 

Tujuan bisnis Ibu Ida adalah camilan Indonesia makin dikenal di mancanegara. Beliau yakin, bisnis dengan hati bersih menjadikan usahanya akan terus eksis dan mendunia. Bagi teman-teman yang ingin kenalan dengan Ibu Ida, mention saja Twitter beliau di @ida_mekarsari 🙂

Kunjungi Roemah Snack Mekarsari di:

Pondok Jati C-04 Sidoarjo

Telp: (031) 8051999 atau 8052038

Email: mekarsarisnack@ymail.com

Website: http://www.mekarsarisnack.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here