Melongok Daroji Karneji, Pembuat Beragam Replika Asal Depok

0
128
UKM: Daroji Karneji menunjukan hasil karya replika beragam kapal laut besar dan pengeboran minyak lepas pantau berbahan baku kardus, saat pameran UMKM di Balaikota, Depok.

Hasil kerajinan Daroji Karneji dapat terjangkau oleh masyarakat. Itu dilakukan karena saat ini bahan baku kardus semakin sulit di dapatkan. Apalagi, pemesanan ukuran replika itu sedikit lebih besar dari ukuran yang biasa dibuatnya bersama sang anak. ”Kalau tidak ada bandrol harga, dari mana saya bisa beli kardus. Ini juga untuk memenuhi bahan baku dan keuntungan saya membesarkan UKM ini ke depan. Memang untungnya tidak besar tetapi sangat cukup untuk menambah perekonomian keluarga,” jelas bapak dua anak itu dengan gamblang. Penjelasan Daroji cukup detail.

Untuk harga kapal tangker atau kapal perang dengan ukuran besar dibandrol dengan nilai Rp 2 juta hingga Rp 2,5 juta. Sementara untuk replika ukuran sedang diberikan harga Rp700 ribu. Sedangkan untuk pemesan dari luar daerah dibebankan biaya ongkos kirim ke pemesan. ”Intinya saya mau menjaga hubungan baik dengan konsumen saja. Cara ini bisa membuat krejinan saya berkembang.

Toh semua ini bisa bertahan lama kalau ada saling percaya,” katanya. Ada satu keinginan besar Daroji dalam mengembangkan kerajinan UKM miliknya tersebut. Yakni, dirinya ingin merambah pasar internasional. Seperti pasar Asean dan Eropa.

Keinginannya tersebut untuk memperluas penjualan replika itu pun tak sebatas angan-angan semata. Sejumlah kegiatan pameran di Jakarta terkait UMKM coba diikuti Daroji. Bahkan, beberapa kali dirinya mendatangi sejumlah kedutaan besar beberapa negara untuk mempromosikan replika berbahan dasar kardus itu. ”Walapun saya tidak menguasai bahasa asing, saya tetap berani menawarkannya ke keduataan besar.

Yang penting usaha dan ikhtiar dulu, kalau hanya diwacanakan saja mana bisa menuju pasar internasional,” celotehnya tersenyum. Guna menwujudkan itu, Daroji pun pun membuat replikanya itu terlihat lebih cantik dan hidup. Dengan memberikan sentuhan warna pada kardus itu, pria berkumis tipis ini berharap besar ada dubes negara asing yang melirik replika tersebut. Bahkan, replikanya itu pun dihias secara menarik dan disimpan dalam sebuah kaca besar. ”Replika ini mungkin yang saya usahakan bisa sampai kemanca negara, sama dengan usaha yang lain dan telah berhasil lebih dulu. Bagaimana caranya agar menarik mata, replika ini saya berikan sentuhan warna,” imbuhnya.

Selain usaha itu, warga Depok ini pun melakukan hal lain. Yakni mencoba meminta bantuan kepada kementerian terkait untuk mengembangkan kerajinan replika tersebut. Daroji yakin, dengan usaha kerasnya itu cita-cita melebarkan sayap replika kardus ke pasar internasional itu dapat dicapainya. ”Kalau berdiam diri tidak ada usaha mana bisa ini dapat tercapai.

Ya bersyukur dengan usaha yang sudah dikerjakan, dan akan terus dijalankan sampai semua terjawab,” pungkasnya. Kegigihan mencoba memasarkan sebuah kerajinan tangan dari bahan kardus itu membuat Daroji cukup dikenal oleh warga Depok.

Kesederhanaan dan kegigihannya membentuk replika sebuah benda yang nyata dengan detail yang mirip membuat kerajinannya itu mendapatkan tempat tersendiri oleh para pencinta replika.

Sumber: indopos.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here