Pembangunan “Techno Park” Lampung Tengah Dimulai

0
9

Bandarlampung – Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah, di Bandarlampung, Kamis (4/6), menandai dimulai tahapan pembangunan techno park di Lampung Tengah.

Kepala Balai Besar Teknologi Pati BPPT, Aton Yulianto, menyatakan bahwa BPPT akan menjadi pendamping Pemkab Lampung Tengah dalam mewujudkan techno park yang keberadaannya akan sangat membantu peningkatan taraf ekonomi petani dan peternak di kabupaten ini.

“Pembangunan sepenuhnya wewenang Pemkab Lampung Tengah dan Pemprov Lampung, kami membantu dalam mewujudkan penerapan teknologi bagi produk pertanian yang menjadi unggulan Lampung Tengah,” ujar Aton lagi.

Penandatanganan kerja sama antara Pemkab Lampung Tengah dan BPPT ini menyangkut review penyusunan masterplan dan penyusunan kelembagaan sementara techno park Lampung Tengah.

Selain dengan Pemkab LampungTengah, perjanjian kerja sama juga dilakukan antara BPPT dengan Pemprov Lampung dan Dinas Koperasi dan UKM Lampung Tengah.

Penandatanganan dengan Pemprov Lampung meliputi upaya pemasyarakatan techno park di Lampung, sedangkan dengan Dinas Koperasi dan UKM Lampung Tengah terkait dukungan lembaga tersebut dalam rangka pelatihan manajemen kewirausahaan di techno park.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut merupakan tindaklanjut kesepakatan kerja sama sebelumnya tentang pembangunan techno park di Kabupaten Lampung Tengah antara BPPT dengan Gubernur Lampung dan Bupati Lampung Tengah pada 28 April 2015.

“Techno park merupakan suatu kawasan yang membantu perkembangan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan, dengan cara menghimpun komunitas kampus, bisnis, dan organisasi pemerintah dalam satu lokasi.

Program ini merupakan sinergitas dari berbagai pihak yang berkepentingan tersebut, untuk meningkatkan dan mempercepat pengembangan produk yang dapat dipasarkan, selain menambah nilai ekonomi pada produk tersebut.

Pemerintah mencanangkan pembangunan 100 techno park di Indonesia, dan untuk mewujudkannya menunjuk BPPT untuk melakukan pendampingan pada delapan kabupaten di Indonesia, termasuk LampungTengah.

Khusus untuk Lampung Tengah, techno park akan melakukan teknologi terapan terhadap tiga produk unggulan daerah ini, yaitu sapi, padi, dan ubi kayu.

Sumber: Beritasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here