Mudahkan Perizinan Bisa Tingkatkan Daya Saing UMKM

0
6

Sukabumi – Guna meningkatkan daya saing daerah dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Adjo Sardjono meminta peran aktif camat se wilayah tersebut untuk memudahkan perizinan.

“UMKM terbukti sangat kuat menghadapi terpaan resesi ekonomi. Dengan adanya perubahan nomenklatur perizinan usaha kecil, camat harus membantu para pelaku UMKM,” kata Sekda saat sela-sela sosialisasi perizinan UMKM di Aula Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), Senin (1/6).

Sebelumnya, lanjut Sekda, seluruh perizinan sudah melalui pelayanan satu pintu di Badan Penanaman Modal Perizinan Terpadu (BPMPT).”Dan adanya aturan baru yang ditandai kerjasama Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Dalam Negeri serta Kementerian Perdagangan,” ujar dia.

“Dalam kesepahaman itu, sesuai Peraturan Mendagri nomor 83 tahun 2014 tentang pedoman izin usaha mikro dan kecil, mengatur peranan camat dalam memberikan Izin Usaha Mikro Kecil (UMK)bagi pelaku Usaha Mikro Kecil,” terang Sekda.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pengambangan dan Restrukturisasi Usaha pada Kementerian Koperasi dan UKM RI, Braman Setyo mengungkapkan, keberadaan UMK merupakan bagian terbesar dalam pelaku ekonomi nasional.“Pelaku UMK in perlu mendapatkan binaan, kemudahaan akses, bahkan bantuan permodalan,” tandas dia.

Pemberian IUMK, lanjut dia, untuk memberikan kepastian dan perlindungan dalam berusaha bagi UMK.“Nah guna mempercepat proses penerbitan IUMK secara trabsparan dan akuntabel, pelaku UMKM ini perlu mendapatkan pendapingan termasuk pengembabngan usahanya,” jelas dia.

Sumber: Neraca.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here