Ikatan Alumni Mesin ITB Luncurkan Program Modal Ventura

0
6

Jakarta- Ikatan Alumni Mesin (IAM) Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui kelompok pengusaha alumni Mesin (MEC – Mesin Entrepreneur Club) meluncurkan MEC Modal Ventura, yaitu bantuan finansial dan manajemen bagi teknopreneur pemula (start-up company) yang berpotensi dalam mengembangkan bisnisnya.

“Visi kelompok ini adalah menjadi fasilisator bagi anggota IAM-ITB yang akan memulai bisnis. Targetnya menumbuhkan teknopreneur baru dan berkembang, dalam rangka membangun kemandirian dan meningkatkan daya saing bangsa,” kata Ketua IAM-ITB Gembong Primadjaya dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (20/5).

Menurut Gembong, minimnya pengusaha membuat upaya menurunkan angka pengangguran terasa berat, karena hanya tergantung pada pemerintah dan pengusaha besar saja. “Indonesia mesti meningkatkan jumlah pengusaha, khususnya di sektor usaha kecil dan menengah (UKM) di bidang teknologi dan manufaktur,” ujarnya.

Gembong menjelaskan, MEC Modal Ventura tidak hanya fokus pada penyediaan dana, namun juga bimbingan manajemen. “Sasaran MEC adalah sarjana baru dan atau profesional muda, atau start-up company yang kesulitan dalam mendapatkan dukungan fiansial dan manajemen,” katanya.

Untuk langkah awal, dikatakan, dukungan finansial yang dikucurkan Rp 10 miliar. MEC Modal Ventura akan memberikan dukungan pada start-up company yang telah berjalan, tetapi kesulitan finansial. “Kami akan memastikan bahwa bisnis yang telah berjalan tersebut tidak mati di tengah jalan hanya karena kesulitan uang,” kata dia.

Selain dukungan finansial, MEC Modal Ventura juga akan memberikan dukungan manajemen. Selama ini mayoritas start-up company di Indonesia terlalu fokus pada masalah produksi dan teknologi, dan kurang memperhatikan aspek manajemen keuangan dan pemasaran.

Bimbingan manajemen dalam bentuk mentoring oleh alumni pebisnis yang berpengalaman diharapkan dapat meningkatkan performa bisnis. Di sisi lain, start-up company juga bisa memanfaatkan jaringan bisnis yang dimiliki mentor dan juga anggota IAM-ITB lainnya.

Sumber: Beritasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here