Fasilitasi UKM, Diskoperindag Sukabumi Gandeng BUMN

0
16

Sukabumi – Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sukabumi, jalin kerjasama dengan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta untuk memfasilitasi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) guna mencapai penciptaan 1001 pelaku usaha baru.

Kepala Diskoperindag Asep Japar mengatakan, kerjasama itu berupa bantuan pengadaan gerobak.“Hal ini kita lakukan untuk menciptakan 1001 pelaku usaha baru. Langkah pertama kita coba menjalin kerja sama dengan PT Pos Indonesia,” katanya kepada Neraca Jumat (15/5).

Tawaran dalam kerjasama ini, lanjut dia, memfasilitasi sekitar 30 hingga 40 pelaku UMKM di area lokasi pariwisata yang bergerak di bidang kuliner.“Ini sebagai jawaban dari banyaknya permintaan bantuan dari pelaku UMKM maupun UKM, namun belum bisa difasilitasi oleh anggaran dari pemerintah,” jelas Asep.

Selain ke PT Pos Indonesia, kata Asep, Diskoperindag juga menjalin kerjasama dengan sejumlah perbankan konvensional serta perusahaan baik BUMN maupun swasta.“Konsep kerjasama ini sama dengan PT Pos Indonesia. Harapan kita, dari hasil kerjasama ini bisa membantu hingga target pencapaian 1001 pelaku usaha baru tercipta,” imbuh dia.

Selain itu, tambah dia, Diskoperindag juga akan memberikan pelatihan bagi para calon pealku usaha baru tersebut.”Mereka akan mendapatkan bimbingan baik dari Diskoperindag, maupun dari Pusat Layanan Usaha terpadu (PLUT),” katanya.

Pelaku UKM harus memanfaatkan peluang yang diberikan oleh Pemerintah yang mau membina dan memfasilitasi. Diskoperindag sudah bekerja keras memajukan pelaku usaha kecil di daerah Sukabumi tersebut.

Sumber: Neraca.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here