Minum Kopi Indonesia, Yuk!

0
5
Ilustrasi Kopi

Sebagai penghasil biji kopi berkualitas yang diakui dunia, ternyata konsumsi kopi masyarakat Indonesia per tahun kalah oleh negara pelopor espresso. Ya, Italia memang bukan negara penghasil kopi, namun percaya atau tidak, mereka adalah konsumen kopi terbesar di dunia!

Indonesia saat ini adalah negara penghasil dan pengekspor kopi ketiga terbesar di dunia setelah Brasil dan Vietnam, namun porsinya di pasar internasional masih sebesar 5%. Namun sampai saat ini, konsumsi kopi masyarakat Indonesia per kapita mencapai 1,2 kilogram per tahun, sedangkan pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan rata-rata meningkat sekitar 7,5% per tahun. Padahal, penggemar kopi dunia sangat menyukai kopi Indonesia lho, karena karakternya yang kuat dengan aroma yang harum.

Fakta menarik dari Menteri Perindustrian Mohamad Suleman Hidayat, angka konsumsi kopi pada bulan Juni 2014 sempat meningkat sebanyak 30% karena momen Piala Dunia dan Pemilu.

Bandingkanlah dengan angka konsumsi kopi per kapita per tahun dari negara-negara pengimpor kopi seperti Amerika Serikat (4,3 kilogram), Jepang (3,4 kilogram), Austria (7,6 kilogram), Belgia (8 kilogram), Norwegia (10,6 kilogram), dan Finlandia (11,4 kilogram).

Kurangnya minat konsumsi kopi di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor. Antara lain, kebiasaan minum kopi kurang populer dan kesalahan dalam proses pengolahan kopi sehingga yang hasil yang dikonsumsi tidak nikmat. Padahal, 70 persen citarasa kopi ditentukan dari proses panen dan pemanggangan atau sangrai (roasting), disusul dengan kualitas biji kopi itu sendiri. Jika proses roasting dilakukan dengan benar, maka citarasa kopi akan muncul.

Café-café dan roastery yang bertebaran di kota-kota besar kini sudah banyak yang secara eksklusif hanya  menyajikan biji kopi asli Indonesia. Banyak dari mereka yang giat mengadakan sosialisasi kepada masyarakat maupun petani mengenai pengolahan kopi dan turut berperan aktif menjadikan kopi lokal sebagai bagian dari gaya hidup. Dengan begitu, kopi Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Sumber:

http://www.aeki-aice.org/uploads/TABEL.KONSUMSIKOPI%20INDONESIA.pdf
http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2014/08/14/277705/kontribusi-ekspor-kopi-indonesia-masih-kecil
http://news.detik.com/read/2014/05/25/091608/2591735/475/konsumsi-kopi-indonesia-di-bawah-1-kg-per-tahun?topnews
https://id.berita.yahoo.com/sebulan-terakhir-konsumsi-kopi-melesat-30-persen-054547461–finance.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here