Kebijakan Abenomic Terbukti Ampuh Pulihkan Ekonomi Jepang

0
29

JAKARTA – Program stimulus Abenomics yang diluncurkan oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe agaknya mulai menunjukkan dampak positif bagi perekonomian Jepang. Hal itu terlihat dari meningkatnya Gross Domestic Product (GDP) Jepang.

Melansir keterangan tertulis yang diterima Okezone dari World Economic Forum (WEF), Rabu (22/4/2015), pada kuartal IV tahun 2014, pertumbuhan ekonomi Jepang naik 1,5 persen dari tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut merupakan kali pertama, setelah GDP Jepang merosot terus menerus di tiga kuartal sebelumnya.

Ada beberapa hal dari stimulus Abenomics yang berhasil membawa GDP Jepang mulai membaik. Kunci kontribusinya di antaranya Monetary Easing dari kebijakan Bank of Japan (BOJ), depresiasi mata uang Jepang Yen, anjloknya harga minyak dunia, serta antisipasi kenaikan upah.

Stimulus Abenomics yang memanfaatkan depresiasi Yen yang berlebihan, memang nampak membuahkan hasil. Abe mengeluarkan kebijakan untuk mendorong kegiatan ekspor produk. Diperkirakan, stimulus ini akan bernilai USD1,4 triliun yang akan disuntikkan ke dalam ekonomi dalam waktu kurang dari dua tahun.

Alhasil perusahaan Jepang mendapatkan keuntungan lebih, sehingga meningkatkan dunia investasi di dalamnya. Selain itu, Usaha Kecil Menengah (UKM) sebagai suplier komponen lokal untuk industri di Jepang juga meningkat.

Sumber: okezone.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here