Kreasi Plat Besi, Ceruk Bisnis yang Menguntungkan

0
188
Kreasi Plat Besi, Ceruk Bisnis yang Menguntungkan. Foto: Okezone

JAKARTA – Ide, inovasi dan kreasi bagi masyarakat Indonesia sepertinya tidak pernah habis. Selalu saja muncul produk dengan kreasi yang baru dan unik menghiasi industri kerajinan tangan khususnya di level usaha kecil dan menengah (UKM). Siapa sangka ternyata plat besi bisa dikreasikan menjadi pajangan untuk mempercantik rumah.

Lama berkecimpung di bisnis kerajinan dekorasi interior selama delapan tahun, tak membuat Mulyadi kehabisan ide untuk memunculkan produk baru. Sekira tiga tahun yang lalu, pemilik toko Exclusive Desain ini, menemukan ide tersebut dari salah satu temannya di Bali yang iseng membuat hiasan dari plat besi.

Melihat potensi dari produk tersebut, tanpa pikir panjang Mulyadi langsung menjaga temannya tersebut untuk memproduksi lebih banyak sebagai produk tambahan di Tokonya yang berlokasi di salah satu mal di Jakarta.

“Orang Bali itu memang banyak sekali ide-ide yang menarik. Saya lihat bagus, kita coba untuk dikembangkan,” kisah Mulyadi kepada Okezone beberapa waktu yang lalu di Jakarta.

Seiring berjalannya waktu, kreasi-kreasi dari produk berbahan dasar plat besi itu bermunculan. Mulai dari hiasan dinding berbentuk hewan, daun pepohonan, bunga, hiasan cermin dan masih banyak lagi. Produk-produknya juga tersedia dengan beragam warna yang semakin mempercantik hiasan tersebut.

Namun, Mulyadi mengatakan, hiasan plat besi tersebut harus ditempatkan di dalam rumah. Selain menjaga agar tidak terkena air yang menyebabkan munculnya karat, tapi juga produk tersebut akan semakin cantik jika terkena pantulan cahaya dari lampu.

Produknya tersebut dibanderol mulai dari Rp500 ribu hingga seharga Rp6,5 juta. tergantung dari tingkat kesulitan produk tersebut.

“Paling mahal itu hiasan dinding berukuran 120 cm per segi. Selain ukuran, tingkat kerumitan pembuatannya juga menentukan,” imbuhnya.

Selain dijual di tokonya, Mulyadi juga rajin memperkenalkan produk unik tersebut dengan mengikuti beragam pameran yang biasanya diselenggarakan di pusat keramaian. Dalam satu kali pameran, dirinya mengaku bisa meraup omzet hingga Rp100 juta lebih. Namun sayangnya dirinya enggan mengungkapkan berapa omzet keseluruhan serta profit yang didapat.

“Kalau omzet ke seluruh saya kurang hafal. Tapi kalau ikut pameran, produk saya yang plat besi ini memang lebih laris dibanding produk saya yang lainnya,” ujar sambil tersenyum.

Ke depan, dirinya mengaku tetap akan memperkenalkan produk tersebut hanya dengan melalui pameran-pameran produk kreatif yang diikutinya. Dirinya juga sangat ingin merambah pasar ekspor. Namun untuk ekspor Mulyadi mengaku masih akan menyempurnakan produk uniknya itu.

“Mungkin harus dibuat lebih simple. Selama inikan produk-produknya masih terbilang besar, jadi sedikit sulit untuk dibawa. Maunya saya sih ingin dibikin simple, jadi mungkin bisa dipecah kemudian bisa dipasang sendiri gitu, seperti puzzle. Kalau bisa dibikin knock down, biar gampang dibawanya,” pungkasnya.

Sumber: Okezone.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here