Festival Jakarta Great Sale Jadikan Jakarta Kota Belanja

0
62
Ilustrasi Jakarta. Foto: Famouswonders.com

JAKARTA – Guna menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta ke 488, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengapresiasi pelaku usaha yang mengadakan pesta diskon dalam program Festival Jakarta Great Sale (FJGS). Demikian juga, para pelaku usaha ini diminta melibatkan pedagang kaki lima (PKL) agar perekonomian rakyat kecil turut terangkat.

“Harapan kami, bisa mengenal produk-produk lokal kita. Karena kita punya produk kreatif, dan banyak kerajinan. Kita menghadapi pasar global. Setidaknya orang luar negeri mau ke Jakarta. Jakarta bisa jadi wisata belanja dan kuliner asal nggak macet dan makan bersih,” ujar Ahok saat memberikan sambutan dalam jamuan makan malam FJGS bersama 78 pengusaha ritel, akhir pekan lalu, di Balai Kota Jakarta Pusat.

Di hadapan para pengusaha, orang nomor satu di Jakarta ini tak lupa mengucapkan terimakasih karena mereka telah melibatkan PKL sehingga bisa ikut berjualan di mall masing-masing. Ahok menginginkan, pengelola Mall itu dapat memberikan sewa lapak jualan semurah mungkin, sehingga usaha PKL itu bisa tumbuh berkembang.

“Terima kasih kepada pengusaha mal yang sudah menampung PKL, seperti Mall Emporiun, dan Mega Mall, yang sudah mulai memasukkan pada pedagang UKM atau PKL ke dalam mall. Yang penting bagi pedagang kecil adalah ada tempat jualan yang murah, supaya dia bisa cicil bulanan dengan murah,” kata Ahok.

Sementara itu, Ketua Pelaksana FJGS 2015, Ellen Hidayat mengatakan, FJGS yang ke-7 ini menargetkan transaksi senilai 14,3 triliun rupiah atau lebih besar 10 persen dari nilai transaksi pada FJGS sebelumnya yang mencapau 13 triliun rupiah. Terlebih, lanjutnya, program FjGS ini melibatkan berbagai sektor bisnis baik ritel, pariwisata, hiburan dan lain-lain.

Dengan digelarnya FJGS secara rutin, Ellen berharap, pihaknya dapat ikut mendorong Jakarta menjadi kota belanja bertaraf internasional. Dia ingin, masyarakat Indonesia yang ada di Jakarta lebih cerdas dalam berbelanja sehingga perputaran ekonomi di dalam negeri lebih meningkat.

“Gelaran pesta diskon ini juga mengajarkan kepada masyarakat untuk menjadi smart shopper bahwa berbelanja di dalam negeri lebih banyak keuntungan dibandingkan berbelanja di luar negeri dalam ajang great sale yang serupa,” katanya.

Selain memberikan potongan harga dan promo menarik lainnya, Ellen Hidayat menjamin produk-produk yang dijualnya sangat berkualitas sehingga tidak kalah dengan produk luar negeri. Untuk itu, dia pun menganjurkan para pelaku usaha agar memberikan diskon semenarik mungkin.

“Produk-produknya juga berkualitas bagus, model up to date dan harganya sangat bersaing. Oleh karena itu, kami harapkan dukungan penuh dari pengusaha ritel Indonesia untuk dapat memberikan penawaran diskon yang menarik,” imbuhnya.

Festival untuk memberikan kemudahan berbelanja bagi seluruh rakyat Indonesia di ibukota ini bertujuan agar para wisatawan baik domestik maupun mancanegara bisa berbondong-bondong datang ke Jakarta. Dengan demikian, secara tidak langsung pesta diskon itu bisa meningkatkan pendapatan pajak daerah.

Pasar Tradisional

A jang FJGS kali ini tidak hanya merangkul mall-mall besar dalam memeriahkan pesta diskon ini. Malah sebanyak 10 pasar tradisional akan turut meramaikan pelaksanaan pesta diskon ini. FJGS ini sendiri akan dimulai 6 Juni hingga 12 Juli 2015. Ke-10 pasar tradisional yang dilibatkan ini, setidaknya siap memberikan diskon untuk kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako).

“Rencananya ada 10 pasar. Nanti kita evaluasi yang mana yang ikut. SUdah ada rencananya, tapi ini kan masih bulan April, pelaksanaannya bulan Juni kan. Nanti kita buat perencanaannya pasar mana saja yang ikut, kalau bisa lima wilayah ada dua pasar,” kata Direktur Utama PD Pasar Jaya, Djangga Lubis.

Sumber: koran-jakarta.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here