RumahUKM Review – Khasiat Beras Hitam

0
443

Pernah dengar ungkapan “belum makan namanya kalau belum makan nasi?” Sebagai orang Indonesia, nasi putih adalah bagian penting dari kebutuhan makan sehari-hari. Namun sekarang, masyarakat juga mengenal beras jenis lain selain beras putih terutama dengan meningkatnya gaya hidup sehat, antara lain beras merah, coklat dan hitam. Nah, Admin kali ini mau review beras hitam karena Admin sendiri sudah mencoba mengkonsumsi beras hitam akhir-akhir ini.

Mengapa nasi hitam, bukan nasi merah atau coklat? Nasi hitam mengandung nutrisi lebih lengkap dibandingkan dengan jenis nasi lainnya, antara lain: kaya antioksidan, tinggi protein, kaya serat, indeks glikemik yang rendah, gluten-free, tinggi zat besi dan anti kolesterol. Sehingga nasi hitam cocok dikonsumsi oleh yang menjalankan diet untuk kesehatan atau menurunkan berat bada serta cocok untuk penderita diabetes karena mampu menurunkan gula darah.

Hasil penelitian di Amerika Serikat menyatakan konsumsi 150 gram beras putih lebih dari lima kali dalam sepekan dapat meningkatkan resiko diabetes sebanyak 17%, dibandingkan dengan orang yang hanya mengonsumsi satu porsi nasi putih dalam sebulan. Hal ini disebabkan oleh kadar gula yang tinggi pada nasi putih. Kelebihan konsumsi nasi juga bisa menyebabkan kanker dan penyakit kardiovaskular.

Sumber karbohidrat tidak hanya dari nasi, kita bisa menggantinya dengan kentang, ubi, singkong, roti hingga pasta gandum (wholewheat). Mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lainnya mungkin akan terasa berat bagi teman-teman yang sudah terbiasa makan nasi. Nah, kenapa nggak teman-teman mencoba makan dengan nasi hitam? Jangan salah, nasi hitam itu bukan ketan hitam, lho! Meski kelihatannya mirip, nasi hitam sifatnya tidak lengket, bahkan lebih lepas atau ngeprul bahasa Jawa-nya ?

Setelah dimasak, beras hitam menjadi berwarna hitam keunguan. Nah, warna hitam-ungu ini menandakan bahwa beras hitam mengandung antioksida, flavonoid, asam amino, dan berbagai kandungan lainnya yang baik bagi kesehatan.

Sebagai permulaan dari gaya hidup sehat Admin, kami mencoba nasi hitam yang dikirim oleh pemiliknya, Mas Ridwan (@iwangmotov) dari Diet Rice asal Bandung. Dengan kemasan 800 gr, teman-teman hanya membutuhkan 1 cup (cangkir) beras yang cukup untuk empat orang. Perbandingan beras dan air adalah 1 cup : 1,5 cup air, hasilnya menjadi nasi hitam yang enak banget. Bahkan Admin sudah berkali-kali membuat nasi goreng dengan Diet Rice.
Ternyata pak Bi juga suka makan beras hitam lho. Karena kandungan gizinya yang lebih baik, pak Bi memilih makan nasi hitam setiap harinya terutama untuk makan siang.

Makan siang Pak Subiakto.
Makan siang Pak Subiakto.

Untuk mendapat khasiat dari beras hitam, tidak cukup kalau hanya makan nasinya. Wedang Beras Hitam dari Sanderm bisa teman-teman coba untuk menjaga kesehatan tubuh.

Menurut sejarah, beras hitam ini dahulu hanya boleh dimakan oleh kalangan tertentu seperti sultan, raja, bangsawan, dan tetua adat. Di beberapa daerah di Indonesia, beras hitam hanya boleh dimakan di ritual-ritual tertentu saja. Contohnya, beras hitam yang dikenal dengan nama beras wulung dan digunakan untuk beberapa ritual tertentu. di Solo hanya ditanam dan dikonsumsi oleh Keraton Kasunanan Surakarta.

Selain itu, Suku Toraja memiliki adat dan ketentuan yang ketat dalam penanaman dan penggunaan beras hitam, atau dikenal sebagai Rentapau disana. Di Indramayu, petani yang sudah lebih tua tidak menanam beras hitam karena dianggap pamali.

Sejauh ini, BukanAkademi sudah bertemu teman-teman UKM beras hitam dari daerah Jawa Barat, Tengah dan Timur. Pak Bi sendiri saat mencoba beras hitam Diet Rice dan Wedang Beras Hitam untuk pertama kalinya langsung jatuh cinta pada kontak pertama, artinya pengalaman beras hitam untuk Pak Bi adalah Brand Heaven.

Untuk teman-teman yang berminat untuk mencoba beras hitam dan memulai hidup sehat dengan Diet Rice, bisa menghubungi Mas @iwangmolotov di :
Whatsapp: 081224271375
Email: hellodietrice@gmail.com
Facebook: https://www.facebook.com/pages/Diet-Rice-Beras-Diet/
Instagram: @hellodietrice
Website: http://dietrice.co.id/

Untuk teman-teman yang ingin melakukan detoks dan menjaga kesehatan ala raja dan ratu Nusantara, bisa pesan beras hitam dan Wedang Beras Hitam dengan Mas @Sochibudin di:
Whatsapp: 08562081026

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here