Pohonnya Jangan Ditebang, Madu Sialang jadi Produk Andalan UKM Kuansing

0
97

antarafoto-Panen-Madu-Sialang-Riau-230913-FBA-1

Masyarakat dihimbau tidak menebang pohon sialang, karena madunya menjadi produk andalan sektor UKM Kabupaten Kuansing.

Riauterkini-TELUK KUANTAN- Ternyata madu lebah merupakan salah satu produk unggulan Usaha Kecil Menengah(UKM) di Kabupaten Kuansing. Bahkan madu lebah yang berasal dari Kuansing ini sudah dipasarkan hingga ke pulau Jawa.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kuansing, Tarmis mengatakan, salah satu potensi yang ada saat ini di Kuansing yang sudah dapat nama besar, yakni madu lebah. Madu lebah Kuansing sudah cukup terkenal dan diminati warga luar karena dihasilkan secara alami.

Bahkan kata dia, di Kuansing sudah ada pelaku UKM, yang khusus mengelola madu lebah ini. Dibeberkan Tarmis, pelaku usaha madu lebah itu berada di Jalan Rusdi S Abrus Teluk Kuantan. Sebelum dipasarkan produk tersebut kata dia, sipelaku UKM telah memberikan kemasan madu tersebut sesuai dengan standar.

Kendatipun demikian kata Tarmis, di prediksi madu lebah ini tidak akan bisa bertahan lama, jika pohon sialang tempat menghasil maduh lebah ini terus ditebang oleh tangan-tangan yang bertanggungjawab. Oleh karena itu, dirinya akan berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan dan perkebunan agar keberadaan pohon Sialang dapat terus bertahan, sehingga Madu lebah sebagai produk unggulan UKM Kuansing tetap eksis sepanjang masa.

“Kan ada aturan walau di areal perkebunan dan HTI, pohon Sialang tidak boleh ditebang, agar tempat hidup lebah tidak habis sebagai penghasil madu,” terang Tarmis.

Sumber: riauterkini.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here