Negara Timur Tengah Butuhkan Produk Gagang Sapu dan Arang Sodas

0
6

BANDUNG, TRIBUN – Produk ekpor bukan hanya barang-barang yang sifatnya penting atau menjadi kebutuhan pokok. Ternyata sejumlah negara di Timur Tengah membutuhkan produk ekspor berupa gagang sapu dan arang sodas.

Hasan Basori, perwakilan Turkish Indonesia Trade Association (TITA) Wilayah Riau mengatakan, kebutuhan produk untuk ekspor bukan hanya minyak kelapa sawit (CPO), kertas, produk olahan makanan, atau kebutuhan pokok lainnya. Sejumlah negara di Timur Tengah justru membutuhkan gagang sapu.

“Gagang sapu yang diekspor bukan cuma sekali dua kali, dan dengan jumlah sedikit, tapi banyak, sekali kirim bisa satu sampai dua kontainer,” kata Hasan saat berkunjung ke salah satu pelaku usaha clothing di Bandung, Senin (16/3/2015).

Bukan hanya gagang sapu, produk eskpor yang juga diminati negara-negara lain di dunia adalah briket sodas atau arang yang terbuat dari bekas gergajian kayu, parutan kelapa, dan zat kimia low material yang digunakan sebagai bahan sabun. “Khusus briket sodas yang berminat cukup banyak, untuk membuat kebab. Namun materialnya masih kurang, ” katanya.

Melihat cukup tingginya permintaan produk-produk Indonesia untuk pasar luar negeri, TITA menggandeng UKM yang tersebar di Indonesia untuk bisa membantu dalam pengadaan kebutuhan tersebut. Selama ini, sudah banyak UKM yang sudah rutin mengirim produknya untuk Turki, sejumlah negara di Timur Tengah, bahkan negara-negara di Timur Tengah.

“Jadi TITA tidak hanya menggandeng pelaku usaha besar, justru kami lebih banyak memberdayakan produk-produk UKM,” kata Hasan.

Sumber: tribunnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here