Patenkan Produk UKM Bisa di Kemenkop, Cepat & Gratis

0
5

VIVA.co.id – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), AAGN Puspayoga menyampaikan, bagi pelaku UKM yang ingin mematenkan produknya, saat ini bisa diurus di kementeriannya secara gratis.

Saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta, Kamis 12 Maret 2015, dia mengatakan bahwa proses pembuatan sertifikat hak cipta dijamin tidak memakan waktu yang lama.

“Bagi UKM, saya sarankan langsung ke Kemenkop UKM. Tunggu 30 menit hingga satu jam, sertifikat hak cipta bisa langsung dibawa pulang,” ujarnya.

Dia mengakui, banyak menerima keluhan dari pelaku UKM di luar negeri, karena banyak produk Indonesia yang dijiplak lantaran tidak memiliki hak cipta.

“Tetapi, koordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM, produk UKM bisa dikeluarkan hanya di Menteri Koperasi dan UKM dan tidak dipungut biaya hak cipta dari produk UKM tersebut,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, selain mengenai hak cipta, izin usaha UKM saat ini juga telah dipermudah, bagi yang belum memikiki izin cukup datang ke kecamatan untuk mendaftarkan diri.

“Program koordinasi kami dengan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Perdagangan, sehingga izin usaha mikro kecil bisa disederhanakan, cukup dikeluarkan oleh camat dan tidak dipungut biaya,” tambahnya.

Sumber: Viva.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here