Wirausaha kecil menengah bisa dapat modal Rp 25 juta dari pemerintah

0
53

Merdeka.com – Pemerintah mengakui besarnya peran sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terhadap perekonomian nasional. Salah satu buktinya, sektor UMKM kebal saat krisis menghantam ekonomi dunia pada 2008. Ekonomi Indonesia akhirnya bisa selamat berkat kekuatan sektor UMKM.

Untuk meningkatkan jumlah wirausaha kecil dan menengah, pemerintah memasukkan program percepatan pengembangan wirausaha di Kementerian Koperasi dan UKM. Pertama, program pemberian modal bagi para calon wirausahawan.

“Dalam hal ini memberikan modal paling banyak 25 juta,” kata Asdep Pengembangan Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Tati Ariati dalam acara Expert Group Discussion di Mandiri Club, Jakarta Selatan, Rabu (11/3).

Namun, tidak semua proposal pengajuan pendanaan disetujui. Ada syarat dan penilaian khusus. Sebelum menyetujui pemberian modal, akan dilakukan peninjauan kebutuhan serta kapasitas jenis usahanya yang diajukan.

Tidak hanya memberikan modal usaha, pemerintah juga akan memberikan bantuan pendampingan terhadap usaha yang bersangkutan. Pendampingan bakal dilakukan dengan memberikan pelatihan terkait pemahaman wirausaha hingga bagaimana membaca peluang serta meningkatkan pasar.

“Kami juga ada kerjasama dengan Kemenkumham untuk dapat memproses Hak Kekayaan Industrinya (HAKI) secara gratis,” ucapnya.

Perkembangan sektor UMKM jadi tolak ukur negara maju. Untuk masuk dalam kategori negara maju, minimal jumlah wirausaha kecil menengah 2 persen dari total penduduk.

Karena itu pemerintahan Jokowi-JK menargetkan peningkatan jumlah wirausaha sebanyak 2,5 persen pada tahun ini. “Kalau tahun lalu itu hanya 1,6 persen,” ujarnya.

Tati menuturkan, untuk masuk dalam kelompok negara maju, suatu negara harus mempunyai entrepreneur minimal 2 persen dari total jumlah penduduknya.

Dalam konteks Indonesia sendiri yang mempunyai jumlah penduduk sekitar 240 juta jiwa, berarti membutuhkan kira-kira 4,8 juta wirausaha.

Sumber: Merdeka.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here