ICT Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

0
109

JAKARTA – Presiden Direktur Mckinsey & Company Indonesia, Philia Wibowo mengemukakan, sektor information and communications technology (ICT) dapat mendorong percepatan pertumbuhan, dan pemeratan ekonomi.

“ICT dapat berkontribusi terhadap produktivitas, daya saing, serta pertumbuhan bidang usaha dan industri strategis,” ujarnya, Senin (9/3/2015).

Menurut Philia, hal tersebut dapat menyokong pengembangan industri lokal dari hulu hingga hilir, guna berbagi pegetahuan dan pengalaman satu sama lain. “Jadi di Indonesia masih kurang pemahaman terkait ICT. Hal tersebut menghamabat industri kecil untuk berkembang,” ujarnya.

Melalui penerapan ICT, lanjut dia, jumlah tenaga kerja handal di Indonesia dapat meningkat pesat. Sebagai catatan, Indonesia menghadapi permasalahan kekurangan 9 juta tenaga terampil dan semi-terampil hingga 2030.

Pemafaatan ICT secara segnifikan mampu meningkatkan produktivitas dan daya saing usaha kecil menengah (UKM). Pada 2012, terdapat lebih dari 55 juta UKM, dan UKM tersebut dapat menyerap 108 juta tenaga kerja, serta memberikan kontribusi hampir 60% dari total PDB (produk domestik bruto)  Indonesia.

Menurutnya, masa depan Indonesia bergantung pada inovasi di bidang teknologi yang menghubungkan, menginformasikan, mendidik, dan mendukung aspek kehidupan masyakarat, serta mengangkat performa industri lokal.

Dia menjelaskan, ICT telah menunjukkan peran penting untuk masa depan Indonesia. Itu sebabnya, fokus terhadap pengembangan sektor ICT dapat memberikan manfaat segnifikan bagi Indonesia di masa mendatang.

“Sektor ICT yang dinamis sudah menunjukkan kontribusinya terhadap pemerataan pembangunan, serta sektor publik yang lebih transparan dan efisien,” jelasnya.

Sumber: Sindonews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here