Sedot Turis, RI Diminta Bentuk Convention Visitors Bureau

0
70

VIVA.co.id – Sebuah perjalanan wisata tidak hanya identik dengan pemberian jasa pelayanan dan untuk liburan saja. Semenjak terbentuknya MICE (Meeting Insentif Convention dan Exhibition), tujuan perjalanan juga ditujukan kepada kalangan eksekutif untuk kegiatan bisnis.

Baru-baru ini santer terdengar bahwa Indonesia berencana membentuk Indonesia Convention Visitors Bureau (ICVB). Untukmempersiapkannya, Indonesia Congress and Convention Association (INCCA) menggelar pertemuan dengan sejumlah partner di berbagai negara terkait rencana tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Jalil selaku CEO Hyderabad Convention Visitors Bureau mengatakan keberadaan convention visiton bureau di Indonesia sangat penting, karena biro ini dapat memberikan multiplier effect dalam pembangunan.

Antara lain, meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, kontribusi terhadap pendapatan pemerintah daerah maupun negara, meningkatkan UKM, penerimaan lapangan kerja, serta peningkatan citra negara.

Rencananya pembentukan convention visitors bureau ini akan dilakukan dalam waktu dekat. Dalam diskusi berikutnya, INCCA akan menghadirkan sejumlah tokoh convention bureau dari negara lain di Asia, Eropa dan Amerika, termasuk melakukan komunikasi dengan sejumlah tokoh lain dengan langsung menemui di negara mereka.

“Memang saat ini membangun industri wisata di Indonesia telah menjadi fokus pengembangan bagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Pemerintah terus menggali potensi di setiap daerah, untuk itu semua orang berlomba-lomba untuk menyediakan fasilitas terbaik demi menarik perhatian wisatawan,” kata Jalil.

Seolah tidak sabar dengan terbentuknya ICVB para pelaku bisnis bidang pariwisata dan sektor lainnya telah bersiap diri membantu dan mengembangkan usahanya. Seperti Usaha Kecil Menengah (UKM) yang meliputi bidang kuliner, pembuatan souvenir, dan sebagainya.

“Mereka menyambut positif dan siap berpartisipasi untuk berkontribusi memajukan wisata serta menstabilkan pendapatan negara maupun daerah,” kata Jalil.

Sementara itu, Iqbal Alan Abdullah mengatakan selaku Ketua Umum DPP INCCA, biro konvensi yang sama eksis di berbagai negara bahkan ke level kota di dalam negara. Mereka memiliki biro konvensi di tingkat nasional dan biro konvensi di tingkat daerah.

Di Jepang, misalnya, convention bureau ada di Chiba, Fukuoka, Tokyo, dan secara nasional memiliki Japan Convention and Visitors Bureau. Di Thailand ada Thailand Convention and Exhibition Bureau, di Singapura ada Singapore Convention and Tourism Bureau. Di Malaysia ada Malaysia Convention Bureau dan Sarawak Convention Bureau. Begitu juga di Amerika Serikat, Korea, Australia dan lainnya.

“Dalam waktu dekat, dan tergentung dari dukungan semua pihak, dan pemerintah pusat dan daerah. Karena bagaimana pun convention visitors bureau ini adalah mitra sejajar pemerintah,” ucap Iqbal.

Sumber: Viva.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here