Tiga Jenis Peluang Bisnis Sampingan Menjanjikan

0
97

Usaha Kecil Menengah atau UKM mengalami perkembangan cukup signifikan.

VIVA.co.id – Usaha kecil menengah atau UKM mengalami perkembangan yang cukup signifikan, pemerintah Indonesia mengaku jika memang usaha Mikro ini merupakan salah satu penyumbang devisa negara. Bahkan tercatat hampir 60 persen pendapatan negara, berhasil disumbangkan dari pendapatan usaha kecil menengah dan menjadi tulang punggung negara.

Usaha ini umumnya memberikan lowongan kerja bagi masyarakat, atas dasar ini maka tidak heran jika pemerintah Indonesia gencar sekali dalam mengembangkan usaha kecil menengah. Menurut beberapa pengamat perekonomian, setiap tahunnya ada banyak entrepreneur atau wirausaha baru yang muncul di permukaan.

Meskipun usaha kecil menengah di Indonesia mengalami banyak perkembangan yang cukup signifikan, namun tidak sedikit diantara mereka yang berniat untuk menggeluti bisnis UKM mengalami beberapa kendala seperti, kurangnya pengalaman, tidak adanya modal atau bahkan tidak mengerti jenis usaha atau bisnis sampingan apa yang cocok bagi mereka. namun alangkah baiknya jika kita tidak menyerah dengan beberapa kendala yang muncul sebab masalah itu bisa diatasi jika anda mau belajar bagaimana cara menjalani bisnis sampingan yang sukses.

Nah jika anda berniat memulai bisnis sampingan atau usaha mandiri namun tidak mengerti jenis peluang bisnis mana yang menjanjikan, berikut kami rangkum jenis-jenis peluang bisnis yang menjanjikan yang dapat dimulai dengan modal kecil.

Bisnis Kuliner

Bisnis masakan kuliner memang tak ada matinya, bahkan setiap tahun ada saja hidangan kuliner yang inovatif, dan kreatif yang dipasarkan di pasar domestik, secara umum bisnis kuliner tidak akan habis ditelan zaman sebab makanan ini ialah kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa lepas dari makanan, bisnis kuliner ini memiliki beberapa kategori, mulai dari makanan dan minuman ringan hingga ke makanan pokok, umumnya untuk memulai bisnis sampingan kuliner tidak membutuhkan modal hingga ratusan juta rupiah, namun hanya membutuhkan modal yang kecil bahkan di Indonesia usaha kuliner dapat dimulai dengan modal di bawah 10 juta.

Bisnis Jasa Otomotif

Bisnis jasa otomotif masuk dalam kategori bisnis yang cukup menjanjikan, bahkan usaha ini termasuk usaha yang tak pernah surut sebab kebutuhan manusia di bidang transportasi selalu meningkat setiap tahunnya, namun bisnis jasa otomotif ini umumnya memerlukan pengetahuan tau skill yang cukup terutama di bidang mesin, baik motor maupun mobil, jika anda berminata untuk membuka bisnis jasa otomotif anda dapat memulainya dari membuka bengkel kecil-kecilan, jasa steam/cuci mobil dan motor atau membuka toko spare part.

Bisnis Pakaian

Hampir sama dengan bisnis kuliner umumnya bisnis pakaian memang tidak ada matinya, sebab kebutuhan manusia akan pakaian atau fashion selalu meningkat setiap tahunnya, dan yang menarik dari bisnis pakaian ini ialah mudah untuk dikelola, juga modal start up untuk memulai bisnis ini tidaklah besar namun keuntungannya bisa berkali lipat, maka tak heran jika bisnis pakaian ini dijadikan sebagai bisnis sampingan oleh beberapa ibu rumah tangga, jika anda berniat untuk memulai bisnis sampingan anda dapat memulainya dengan menjajakan pakaian di sekeliling komplek perumahan anda tau bisa juga dengan membuka toko kecil di samping pekarangan anda.

Sumber: viva.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here