Gagasan Putri Sultan Sejahterakan ‘Kawulo Jogja’

0
52

Rimanews – Putri sulung Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pembayun, bercita-cita menyejahterakan kawulo Jogja. Salah satu gagasannya adalah mendirikan rumah kemas untuk memfasilitasi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Pelajar ini.

Gusti Pembayun mengatakan, tujuan utama dari pusat pengemasan produk-produk rumah tangga ini adalah untuk meningkatkan kualitas barang-barang UKM sehingga nilai jualnya melambung.

“Rumah kemas ini untuk membantu kelompok usaha mikro. Tidak hanya mencetak kemasan tapi juga menjadi konsultan. Tujuannya simpel, bagaimana kelompok-kelompok ini mampu membuat produk berkualitas dan kemasannya bagus. Tentu saja nilai profitnya lumayan. Jadi bagaimana kelompok ini bisa maju,” kata Gusti Pembayun kepada Rimanews di Yogyakarta, belum lama ini.

Lulusan Internatioan School of Singapore dan Griffith University Brisbane, Australia ini mencontohkan, bagaimana emping atau rempeyek hasil karya ibu-ibu di Yogyakarta bisa menjadi produk unggulan yang bisa masuk ke supermarket bahkan berkualitas ekspor dengan pengemasan yang menarik.

Gusti Pembayun mencontohkan produk-produk jepang yang sejatinya sederhana namun bernilai ekonomis tinggi. “Kayak di Jepang, makanannya kan cuma kacang merah atau kacang ijo, tapi kemasan mereka luar biasa. Jadi ayo, ini kita coba,” ujarnya.

Sumber: rimanews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here