Wapres JK Paparpan Alokasi Anggaran Rp 20 Triliun Kemensos yang Katanya Buat Atasi Kemiskinan

0
91

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Sosial (Kemensos) dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Perubahan (RAPBN-P) 2015, mengajukan penambahan Rp 20 triliun untuk menangani kemiskinan.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla atau yang akrab dipanggil JK mengatakan, uang tersebut rencanannya akan disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan.

JK di kantor Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), di Grand Kebon Sirih Tower, Jakarta Pusat, Selasa (10/2/2015), mengatakan ada berbagaimacam cara untuk menanggulangi kemiskinan, termasuk melalui pembinaan masyarakat.

“Pembinaan masyarakat miskin lewat bantuan tunai, ada pemulihan ekonomi, memberikan kredit UKM (Usaha Kecil Menengah), memperbaiki jalan desa,” katanya.

TNP2K kata JK akan mengkaji data-data terkait pemberantasan kemiskinan, data tersebut akan dijadikan acuan oleh Kemensos dan lembaga sejumlah lembaga lainnya untuk mengentaskan kemiskinan.

“Seperti contohnya dengan data ini belum tentu indonesia timur lebih miskin dibanding indonesia barat. Ada derah di Banten yang malah lebih miskin dibanding di Maluku. Dengan data ini kelihatan target sistemnya,” terangnya.

Sementara itu Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani dalam kesempatan yang sama menambahkan tambahan Rp 20 triliun itu juga akan digunakan untuk menanggulangi masalah pendidikan dan kesehatan.

“Bagaimana caranya itu, tentu saja terkait dengan semua kementerian dan lembaga terkait. Jadi kami berharap dengan semua kelembagaan atau kementerian terkait bisa bersama-sama sinergikan program-program pemerintah untu membuat indonesia lebih baik,” jelasnya.

Rencana-rencana tersebut kata dia masih harus dibahas di DPR. Puan mengatakan sebelum tanggal 19 Februari semua akan disetujui anggota dewan, dan rencana-rencana tersebut sudah bisa dijalankan.

Sumber: tribunnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here