Menteri Khofifah Puji Ide Putri Sultan HB X Terkait UKM

0
37

YOGYAKARTA – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memuji ide putri Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X, GKR Pembayun, yang mendirikan Pusat Pengemasan UKM.

Karena ide Gusti Pembayun itu, hasil karya pengrajin di Yogyakarta memiliki nilai jual lebih tinggi. Ini disebakan pengemasan yang menarik hingga barang kerajinan bisa berkualitas ekspor.
β€œIni akan bisa menjadi sumber inspirasi bagi peningkatan derajat pelaku UMKM kalau mereka terinformasikan bahwa sekarang di Yogyakarta ada pusat kemasan” kata Khofifah saat meninjau Pusat Pengemasan UKM di Ringroad Selatan, Kasihan, Bantul, DIY, Senin (9/2/2015).

Saat ini kata dia yang masih menjadi persoalan bagi Kelompok Unit Bersama (Kube) adalah kesulitan pemasaran produk. Karena kemasan barang-barang hasil Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kurang menarik.

β€œKetika kemudian ada peningkatan kualitas produk, tidak diikuti dengan pengemasan yang bagus maka dia tidak akan bisa masuk pada pangsa pasar menengah ke atas. Sementara margin dari produk yang dikemas dengan baik itu jauh sekali,” bebernya.

Dia memberi contoh, produk UKM dengan harga Rp400 setelah setelah dikemas di Pusat Kemasan UKM menjadi Rp16 ribu. β€œKarena itu harus ada peningkatan target Kube yang dikelola Kemensos,” tutupnya.

Sumber: okezone.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here