Kemlu ‘Comblangkan’ UKM Depok dengan Pasar Luar Negeri

0
86

Metrotvnews.com, Depok: Kementerian Luar Negeri berusaha ‘menjodohkan’ Usaha Kecil Menengah (UKM) di Depok dan sekitarnya dengan pasar di luar negeri. Hal ini untuk meningkatkan ekspansi produk Indonesia di tingkat internasional.

“Menemukan partner di luar seperti melamar jodoh. Kita ketemu, transaksi tapi belum tentu jodoh. Semoga area ini jadi area comblong,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu, Sudirman Haseng, dalam kegiatan Desk Informasi Akses dan Peluang Bisnis di Kantor Walikota Depok, Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Sabtu (7/2/2015).

Menurut dia, ada 1.035 pengusaha di 21 negara kawasan Asia Pasifik dan Afrika yang meminta produk UKM Indonesia. Mereka mengincar komoditi ekspor, di antaranya, furniture, handicraft, dan CPO. Namun, produk asli Indonesia ini masih diekspor melalui negara ketiga sebelum sampai ke negara kawasan itu.

Kemlu, khususnya Ditjen Asia Pasifik dan Afrika, berusaha menjembatani pelaku bisnis di Indonesia dengan yang ada di luar. Kementerian, kata Sudirman, sudah menyediakan daftar komoditas ekspor incaran pasar luar. Mereka juga berencana mempertemukan stakeholder terkait seperti dalam acara di Kantor Walikota Depok ini.

Informasi mengenai cara pemasaran sampai pengiriman barang keluar negeri, kata dia, amat diperlukan pelaku bisnis UKM. Ia pun berharap, dengan acara yang akan digelar secara rutin ini, ekspansi produk Indonesia ke luar negeri semakin meningkat.

Sumber: metrotvnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here