Big Data Week 2015 Digelar Awal Maret

0
160

Jakarta, GATRAnews – Mediatrac, pengembang data dan informasi di Indonesia, bakal menggelar ajang konferensi big data “Big Data Week 2015” yang menurut rencana digelar pada 9-10 Maret 2015 di Jakarta. Perusahaan yang mengklaim sebagai pioner Big Data Analytics di Indonesia ini berupaya menyosialisasikan big data kepada masyarakat di Tanah Air.

“Kami merasa perlu adanya sebuah ajang yang memberi pemahaman lebih jauh mengenai big data serta manfaatnya dengan menghadirkan para ahli di bidang big data,” kata Senior Advisor/CTO Mediatrac Imron Zuhri, melalui siaran pers yang diterima GATRAnews, Jum`at (31/1).

“Hal ini sangat penting bagi berbagai pihak, seperti perusahaan, pemerintah, pemangku jabatan dan kepentingan, pemerintah, kalangan IT dan lain-lain agar dapat belajar dari keberhasilan dan manfaat yang didapat oleh perusahaan maupun organisasi yang sudah menerapkan Big Data Analytics,” Imron, menambahkan.

Medatrac menyatakan, istilah big data dan analytics, belakangan kian banyak terdengar. Namun istilah big data dapat memberikan pengertian yang salah karena big data tak hanya berarti volume data yang sangat besar tetapi juga data yang sangat variatif dari data yang terstruktur, semi-struktur maupun tidak terstruktur dan velositas atau kecepatan penambahan data yang sangat tinggi.

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat maka kita sekarang mampu menangkap data yang demikian massif, beraneka ragam dan bertambah dengan pesat itu dan menganalisa informasi yang sebelumnya tak terungkapkan.

“Kami yakin bahwa banyak organisasi memiliki data yang beraneka ragam dari data konsumen, penjualan, distribusi, karyawan, dan lain-lain yang apabila digabungkan dengan data lain seperti data demografi, linguistik, sosial media dan lain-lain, dapat memberi manfaat yang sangat besar seperti peningkatan pendapatan bagi bisnis atau perbaikan pelayanan publik oleh pemerintah. Saat ini, big data bukan hanya menjadi konsumsi perusahaan-perusahaan besar saja, namun juga berbagai pihak lainnya seperti UKM, Pemerintah dan Lembaga Sosial Masyarakat,” papar Imron.

Konferensi yang digelar selama dua hari ini terbuka untuk umum, lantaran relevansinya bagi semua bidang termasuk bidang industri. Selain itu, ajang ini juga akan menghadirkan puluhan pembicara, baik dari Tanah Air maupun mancanegara.

Sumber: Gatra.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here