Aher: Jabar Masih Kekurangan Lapangan Kerja

0
22

Sukabumi- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan di daerahnya saat ini masih kekurangan lapangan pekerjaan atau belum mampu menampung seluruh angkatan kerja setiap tahunnya.

“Jumlah angkatan kerja lebih banyak dibandingkan ketersediaan lowongan pekerjaan yang akhirnya banyak terjadi pengangguran,” kata Aher panggilan akrabnya saat peletakan batu pertama DPD PKS Kota Sukabumi di Sukabumi, Minggu (1/2).

Aher mencotohkan beberapa negara Asia seperti Korea Selatan, Tiongkok atau Singapura, dimana potensi pertumbuhan lapangan pekerjaan masih terbuka lebar. Pertumbungan pengusaha di Tiongkok sudah mencapai 14 pesen, Singapura 8,5 persen dan Korsel 10 persen.

Hal ini berbanding terbalik dengan pertumbuhan pengusaha baru di Jabar yang baru mencapai 1,2 persen. Bahkan, di negara itu perusahaan kesulitan mencari tenaga kerja karena angkatan kerjanya lebih memilih menjadi pengusaha dibandingkan sebatas sebagai pekerja.

“Dengan minimnya tenaga kerja, negara-negara tersebut banyak mencari pegawai dari luar negeri. Salah satunya dari Indonesia. Dan kami saat ini sedang berusaha mencontoh negara-negara itu dalam mencetak pengusaha baru atau muda,” tambahnya.

Aher mengatakan Pemprov Jabar sudah mempunyai progam dalam jangka waktu lima tahun ke depan dalam pengentasan pengangguran seperti mencetak 100.000 wirausahawan atau pengusaha muda yang bergerak di berbagai bidang baik UKM, industri, pertanian, pertenakan maupun budidaya ikan.

Dengan semakin banyaknya pengusaha muda, maka lowongan pekerjaan akan bertambah lebar. Dampak lebih lanjut, mempercepat pengurangan jumlah penganguran.

Dalam menjalankan progamnya ini, pihaknya juga berkoordinasi dengan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

“Kedua lembaga ini, mendorong angkatan kerja untuk bisa berwirausaha sendiri khususnya dalam membentuk mental pengusaha,” kata politisi PKS ini.

Sumber: Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here