APBN 2015 Perlu Memperhatikan Peran dan Fungsi UKM

0
9

Fadel Muhammad , anggota komisi XI DPR-RI, menegaskan bahwa 57,5%pelaku ekonomi di Indonesia adalah UKM. Untuk itu, orientasi APBNP (anggaran pendapatan belanja negara perubahan) 2015 perlu memperhatikan peran dan fungsi UKM dalam ekonomi nasional.

“Dalam RAPBN-P 2015 UKM bukan merupakan program yang secara khusus diperhatikan. Tetapi hanya dijadikan salah satu elemen penjaga stabilitas perekonomian pada saat krisis,” terang Fadel pada peserta diskusi yang dilaksanakan oleh Lembaga Kajian Ekonomi Sosial Politik (LK Ekosop) di Golden Ballroom Hotel Sultan.

Fadel menambahkan,  beberapa kelemahan pemerintah terhadap UKM di antaranya: tidak fokus dalam mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan UKM. BUMN juga tidak lagi mempunyai program kemitraan dengan UKM karena dianggap sebagai beban dan wirausaha inovatif tidak terbantu baik secara program maupun pendanaan.

Sementara itu, Achsanul Qosasi, anggota BPK bidang BUMN menjelaskan, dari 138 BUMN ada 30 BUMN yang mengalami kerugian sebanyak Rp 33 triliun. Penyebabnya antara lain: 54% terjadi missinvest, pengadaan investasi yang keliru dan 24% tagihan pada negara yang belum lunas.

Aset BUMN pada Mei 2014 mencapai Rp 4.200 triliun dan laba pada APBN 2013 sebesar Rp 122 triliun. Adapun dalam APBN-P 2015 jumlah dividen yang diberikan pada negara dari semula Rp38 triliun menjadi Rp 34 triliun.

Di sesi sambutannya, Fadel memberikan beberapa catatan kritis terhadap APBNP 2015. Menurut mantan Gubernur provinsi Gorontalo itu,  periode 2001-2009 itu, kebijakan APBNP 2015 harus ada kebijakan fiskal yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan dan memperkuat kewirausahaan masyarakat. Agar terjadi sinergi antara program unggulan yang ada dalam Nawa Cita dengan kekuatan ekonomi masyarakat yang terepresentasi dalam UKM.

“Instrumen itu adalah KUR (kredit usaha rakyat). Ini bisa disediakan melalui alokasi deviden BUMN atau sumber keuangan lainnya,” papar Fadel menyarankan.

Sumber: swa.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here