Waralaba Lokal Masih Mendominasi Dibanding Waralaba Asing

0
33

Jakarta – Pertumbuhan waralaba asing belum menghambat pertumbuhan waralaba lokal. Pada tahun 2014, pertumbuhan waralaba asing hanya sebesar 14 persen, sedangkan pertumbuhan waralaba lokal mencapai 85 persen.

Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong pertumbuhan ekonomi dari sektor perdagangan waralaba.

Direktur Bina Usaha Kementerian Perdagangan, Fetnayeti, mengatakan, kementeriannya akan terus mendorong bisnis UKM untuk bergerak ke arah waralaba.

“Kami akan melakukan pendampingan UKM yang berpotensi menjadi waralaba. Bekerja sama dengan asosiasi franchise. Mengikuti pameran luar negeri di Hong Kong, Taiwan, dan Singapura. Juga mengajak UKM ikut ke pameran,” kata Fetnayeti, di Jakarta, Rabu (21/1).

Fernayati mengatakan, pada 2013 tercatat sebanyak 2.250 pelaku waralaba lokal. Namun, baru 291 waralaba yang memiliki surat dari Kementrian Perdagangan. Ia mengungkapkan, kebanyakan para pemilik waralaba lokal masih enggan mengurus surat izin.

Indonesia saat ini masih berada di peringkat ketiga terkait pertumbuhan waralaba. Peringkat pertama dan kedua masih dikuasai oleh Malaysia dan Singapura.

Terkait perizinan, Fetnayeti, menambahkan, Kementrian Perdagangan tidak mempersulit pengusaha waralaba lokal. Selama masih memenuhi enam kriteria yang tertera dalam PP No. 42 Tahun 2007 maka surat izin dapat dibuat dengan mudah.

Sumber: Beritasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here