Ingin Memulai Bisnis Tapi Kekurangan Modal, Coba Cara Ini

0
18

 

Mungkin anda yang memang sedang kekurangan banyak modal sangat penasaran dengan beberapa cara yang akan saya berikan di bawah ini. Modal, merupakan hal yang paling penting untuk anda dalam memulai bisnis. Jika anda memang kekurangan modal, janganlah berputus asa. Di bawah ini saya berikan anda cara yang dapat anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dan melengkapi keperluan modal untuk usaha anda. Langsung saja kita bahas melalui artikel Kekurangan Modal, Coba Cara Ini.

 

Tips Mendapatkan Modal Dengan Mudah

 

1. Mendekati Teman Dekat ataupun Kerabat
Maksud dari mendekati teman dan kerabat di sini ialah untuk memperoleh bantuan modal usaha dari mereka. jika anda mempunyai reputasi yang baik, pastilah tidak sulit mendapatkan bantuan modal dengan cara ini. Presentasikan dengan sejujur-jujurnya seperti apa bisnis atau usaha yang hendak anda bangun, yakinkan bahwa anda akan berhasil sehingga bisa membayar bantuan yang mereka berikan nanti. Hal ini memang membutuhkan kepropesionalan anda. Karena di sini anda berperan sebagai ahlinya yang memang menguasai bisnis yang hendak anda bangun. Jangan memperlihatkan kebimbangan anda karena hal itu dapat membuat teman atau kerabat anda mengurungkan niatnya untuk membantu modal anda karena melihat diri anda yang tidak meyakinkan.

 

2. Menemukan Relasi Usaha
Tidak ada salahnya jika memang anda kekurangan modal, temukanlah teman atau kerabat yang mau berbisnis bersama anda. Tidak hanya keluarga, namun orang yang anda kenal juga bisa anda jadikan rekan bisnis. Pilihlah orang yang mempunyai pemahaman terhadap dunia bisnis. Setidaknya dasar-dasar berbisnis dan paham bisnis yang akan anda bangun. Sehingga dengan begitu selain mendapatkan tambahan modal, usaha anda akan terwujud dan bisa berjalan lancar karena anda berdua merupakan ahlinya berbisnis.

 

3. Menggunakan Rumah sebagai Tempat Usaha
Tidak hanya uang, tempat usaha merupakan salah satu diantara modal yang anda perlukan untuk bisa membangun sebuah usaha. Jika modal anda kurang untuk menyewa dan bahkan membeli tempat usaha, manfaatkanlah daerah kosong di rumah anda. Gunakan hal ini sebagai alternatif sesaat. Sehingga bisnis anda bisa terwujud karena anda memanfaatkan modal yang ada untuk membeli berbagai kebutuhan produk anda saja tanpa menggunakan modal untuk menyewa atau membeli tempat usaha.

 

4. Memanfaatkan Media Gratisan
Cobalah cermati beberapa hal yang bisa anda gunakan secara gratis namun sangat bermanfaat untuk kemajuan bisnis anda. Misal, untuk melakukan promosi, dari pada membuat spanduk atau iklan di koran, manfaatkan saja situs atau blog, website gratis, facebook dan sebagainya yang semuanya gratis dan sangat bisa anda manfaatkan dalam berpromosi.

 

5. Menggunakan Program Bantuan Modal Usaha
Berbagai lembaga keungan serta pemerintah di Indonesia telah banyak mengeluarkan berbagai program untuk dapat membantu modal usaha bagi beberapa pengusaha. Beban bunga untuk jenis modal usaha, lebih lagi bagi UKM biasanya lebih mudah.

 

Sekian tips dari Tren.co.id untuk mendapat bantuan modal ini, semoga bermanfaat.

 

Sumber: Tren.co.id

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here