Ketua Hipmi: Aceh Masih Kekurangan Pengusaha Muda

0
77

 

BANDA ACEH – Ketua Himpunan Pengusaha Muda (Hipmi) Provinsi Aceh, M Furqan Firmandez menyebutkan, saat ini Aceh hanya memiliki dua hingga tiga persen pengusaha dari total jumlah penduduk. Itu artinya Aceh masih sangat kekurangan pengusaha.

 

Furqan menyampaikan hal ini dalam sambutannya saat pada acara Hipmi Hipmi Goes To Campus di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Senin (29/12).

 

Ia menyebutkan, Aceh akan menjadi sebuah wilayah yang makmur dan berjaya bila minimal lima persen penduduknya menjadi pengusaha atau pun entepreneur muda, sehingga keadaan seperti itu mampu menyerap tenaga dan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

 

Menurut Furqan, saat ini secara nasional pun Indonesia kekurangan pengusaha. Pengusaha di Indonesia hanya 1,8% dibandingkan penduduk Indonesia secara keseluruhan. “Jika dibandingkan dengan Singapura pengusahanya sudah mencapai enam hingga delapan persen dari populasi penduduknya, Indonesia jelas masih sangat sedikit,” imbuhnya.

 

Menurutnya, salah satu upaya agar Aceh berdaulat secara ekonomi, Pemerintah Aceh harus mendorong pertumbuhan enterpreneur muda di atas empat persen  dari jumlah penduduk Aceh, supaya Aceh maju. Kata dia, Hipmi Aceh berkomitmen tinggi untuk menyebarkan semangat dan motivasi jiwa entrepreneur kepada mahasiswa dan rakyat Aceh, menjadikan mereka sebagai pengusaha yang bisa membangun Aceh di masa mendatang.

 

“Untuk itu, kami bekerjasama dengan Universitas Syiah Kuala dan Hipmi Perguruan Tinggi (PT) menggelar seminar wirausaha, gratis bagi mahasiswa dan masyarakat Aceh ini. Kami berharap dengan adanya program Hipmi Goes To Campus hari ini bisa menciptakan sejuta pengusaha ke depan,” tutup Furqan.

 

Acara tersebut dibuka oleh Rektor Unsyiah Banda Aceh Prof Dr Ir Samsul Rizal M Eng dan dihadiri oleh Direktur UKM Center Unsyiah, Iskandarsyah Madjid dan diisi oleh pemateri Bayu Priawan Djokosetono selaku CEO Bluebird Group, Bahlil Lahadalia, CEO Rifa Capital dan Andhika Anindyaguna, CEO Sugih Energy.

 

Rektor saat membuka acara ini mengatakan, acara Hipmi Goes To Campus ini disambut oleh mahasiswa secara antusias, buktinya sekitar 1.000 mahasiswa hadir dan mengikuti seminar tersebut hingga selesai.

 

Sumber: Tribunnews.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here