UKM Padang Pariaman Dibantu Modal Usaha

0
6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Program pe­ning­katan ekonomi bagi  Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Padang Pariaman disinergikan dengan program UKM Provinsi Sumatera Barat. Hal tersebut terlihat saat Dinas Koperasi dan UKM memberikan bantuan pada masyarakat di Padang Pariaman, Rabu (24/12).

 

Penyerahan bantuan Koperasi tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Sumbar, Irwan Paryitno bersama Bupati Padang Pariaman, H. Ali Mukhni, di komplek Masjid Syekh Burhanuddin Ulakan.

 

Bantuan tersebut berupa  gerobak  untuk PKL jagung rebus sebanyak 28 unit, bantuan mesin penyangrai kacang, mesin olahan tem­pu­rung dan  coolbox ikan dari Pemkab Padang Paria­man. Sedangkan dari Pem­prov Sumbar, yaitu bantuan  modal usaha untuk 171 PKL masing-masing Rp2 juta, bantuan KUR untuk dua koperasi sebesar Rp22 juta dan gerobak rakik kepiting sebanyak 25 unit.

 

Railis (50)  salah seorang penerima bantuan mesin pemotong ubi menyam­paikan rasa senanng mene­rima bantuan itu.. Ia tak menyangka mendapat ban­tuan mesin tersebut yang sangat ia butuhkan dalam operasional produksi usaha­nya itu. “Saya akan pergu­na­kan mesin ini untuk meningkatkan pendapatan untuk perbaikan ekonomi keluarga,” katanya.

 

Perasaan serupa juga diungkapan oleh Yanti (38), seorang pedagang jagung rebus di Lubuk Alung. Ia mendapat bantuan gerobak yang lebih bagus untuk berjualan. Diakuinya, saat ini banyak sekali yang berjuaan jagung rebus disepanjang jalan Lubuk Alung sehingga mempe­ngaruhi omset pemasu­kannya. Namun ia optimis dengan adanya gerobak yang baru akan  menarik calon pembeli dan tentunya akan menambah pemasukkan.

 

Saya senang sekali men­dapat bantuan dari pak Bupati berupa gerobak untuk berjualan jagung rebus. Semoga nanti bisa menarik pembeli karena lebih bersih dan bagus dari yang sebelumnya. Mudah-mudahan bisa menambah pendapatan kami pula nantinya. Aamiin” kata Yanti.

 

Bupati Ali Mukhni me­nga­takan agar masyarakat menggunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya. Ia juga meminta pedagang untuk selalu jaga kebersihan dan gerobaknya pun dibersihkan supaya tahan lama dan pembeli pun akan banyak yang beli. Ia berharap pedagang dapat menerima dengan ikhlas bantuan tersebut. Jika ikhlas maka Allah akan melipat gandakan rezeki dan men­dapat nikmat allah yang berlimpah.

 

Gubernur Irwan Prayit­no mengatakan agar ban­tuan yang diterima berasal dari uang rakyat sehingga  akan dilakukan pembinaan dan pengawasan dalam penggunaan bantuan tersebut.

 

Dijelaskannya bahwa Pemprov selalu mengang­garkan setiap tahunnya bantuan modal usaha bagi UKM karena merupakan kewajiban pemerintah untuk membantu UKM tersebut. Tujuannya agar pedagang semakin sejahtera dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

 

Sumber: Harianhaluan.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here